Antisipasi Hoax di Pilkada, KPU Pandeglang Gandeng Media

PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang menggelar pertemuan dengan sejumlah wartawan yang mendapatkan tugas liputan di Pandeglang, Kamis (5/12) siang. Tujuan kegiatan itu, untuk menjalin sinergitas dalam menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 mendatang.

Hadir Ketua KPU Kabupaten Pandeglang Ahmad Suja’i, Divisi Hukum Munawar, Kepala Sekretariat Dina Utami, Kasubbag Teknis dan Hubungan Publikasi Media Massa Nurul Jannah. Sedangkan dari kalangan wartawan, hadir mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pandeglang Muhaemin dan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kabupaten Pandegang Agus Jaelandro.

Ketua KPU Kabupaten Pandeglang Ahmad Suja’i berharap ada keterlibatan peran media dalam menyukseskan Pilkada Pandeglang 2020 mendatang. Sehingga, semua tahapan pilkada berjalan lancar, aman, dan demokratis. “Bagaimanapun juga secara kelembagaan kami sangat butuh media. Oleh karena media sebagai pilar keempat dalam demokrasi,” kata Suja’i dalam sambutanya, kemarin.

Suja’i meyakini, peran wartawan sangat penting dalam upaya meluruskan informasi. Khususnya, terhadap informasi bohong atau hoax. “Kami sangat percaya pada awak media bisa meluruskan informasi yang sifatnya simpang siur di medsos (media sosial). Apalagi saat ini pengguna akun medos sangat banyak yang penggunanya rata-rata para remaja,” katanya.

Sementara itu, mantan Ketua PWI Kabupaten Pandeglang Muhaemin meyakinkan, bahwa diminta ataupun tidak diminta para wartawan memiliki kewajiban menyajikan informasi akurat dalam semua persoalan publik, termasuk soal masalah pemilu.

“Saya yakin semua wartawan yang hadir sangat kompeten dalam menyajikan berita. Maka diminta maupun tidak, sudah pasti memiliki rasa tanggung jawab dalam menyajikan berita yang akurat, akuntabel, dan informatif. Apalagi, mengenai pemberitaan pilkada termasuk tahapannya,” katanya. (her/zis)