Foto udara jalur Cikuasa Atas, Selasa (14/5). Foto: Qodrat/Radar Banten

CILEGON – Sebanyak tujuh kantong parkir di jalur mudik menuju Pelabuhan Merak telah disiapkan. Hal itu untuk menyikapi lonjakan pemudik pada puncak arus mudik Lebaran dua pekan mendatang. Ketujuh kantong parkir itu tersebar di dalam Tol Tangerang-Merak, jalur arteri, Terminal Terpadu Merak, dan Dermaga VII Pelabuhan Merak.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Astra Infra Toll Road Indah Permanasari menjelaskan, sebagai operator Tol Tangerang-Merak, pihaknya siap menyambut para pemudik. Salah satunya dengan memfungsikan empat rest area sebagai kantong parkir guna mengantisipasi kepadatan kendaraan.

“Ada empat rest area yang kita siapkan. Selain sebagai tempat beristirahat, juga sebagai kantong parkir,” kata Indah, kepada Radar Banten, Selasa (14/5).

Dijelaskan Indah, dengan optimalisasi empat rest area tersebut, diharapkan proses mudik tahun ini bisa berjalan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Bahkan, dalam keadaan mendesak, PT Astra Infra Toll Road telah menyetujui untuk pemberlakukan sistem satu arah atau one way dengan memprioritaskan kendaraan yang akan menuju Pelabuhan Merak,” katanya.

Sistem satu arah di tol akan diberlakukan bila kondisi antrean kendaraan menuju Pelabuhan Merak sudah sangat padat. “Jadi, sifatnya kondisional,” tegasnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Cilegon AKP Iwan Nufrianto menjelaskan, kantong parkir yang disediakan tidak jauh berbeda dengan arus mudik tahun lalu. Yaitu, di dalam tol dan di luar tol. Di luar tol, kantong parkir terletak di Jalan Cikuasa Atas atau jalan akses menuju pintu Tol Merak, Terminal Terpadu Merak (TTM), dan Dermaga VII Pelabuhan Merak.

Ia melanjutkan, Jalan Cikuasa Atas akan dijadikan kantong parkir untuk kendaraan roda empat, sedangkan untuk roda dua di TTM dan Dermaga VII. Kantong parkir di TTM, menurut Iwan, bersifat tempat penampungan sementara agar distribusi kendaraan yang akan masuk ke Pelabuhan Merak bisa berjalan lancar.

Saat terjadi lonjakan pemudik, kendaraan roda dua akan dikumpulkan terlebih dahulu di TTM, kemudian secara berkala akan diarahkan langsung menuju Dermaga VII Pelabuhan Merak. “Di Dermaga VII bisa dimuat untuk 13 ribu kendaraan,” tuturnya.

Seperti yang telah diketahui, Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) serta PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak telah memperkirakan lonjakan penumpang terjadi sebanyak 17 persen dari arus mudik tahun lalu. Adapun puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi selama dua hari, yaitu pada H-5 dan H-4. Kondisi itu sangat berbeda dengan tahun yang lalu di mana puncak arus mudik terjadi di H-3 dengan jumlah pemudik mencapai 170 ribu orang dalam satu hari. (Bayu M)