Antisipasi Sengketa, Bawaslu Cilegon Kumpulkan Jajaran

0
1.042 views

CILEGON – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon terus mengantisipasi terjadinya sengketa selama tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Cilegon tahun ini. Baik sengketa antar bakal calon (bacalon) walikota dan wakil walikota, maupun penyelenggara pemilu terhadap bacalon.

Untuk mengantisipasi terjadinya sengketa tersebut, Bawaslu Kota Cilegon pun mengumpulkan jajarannya. Mulai dari staf Panwaslu Kota hingga tingkat kecamatan (Panwascam). Rapat koordinasi penyelesaian sengketa digelar di Bintang Laguna, Kota Cilegon, Kamis (2/7).

“Perselisihan atau sengketa menurut undang-undang itu ada dua. Kalau antar peserta dan penyelenggara pilkada dalam hal ini KPU, tingkat Kota yang akan menyelesaikannya. Kemudian penyelesaian sengketa antar peserta yang kami mandatkan kepada Panitia Pengawas Kecamatan,” kata Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Siswandi.

Siswandi tak menampik potensi terjadinya sengketa pada tahapan Pilkada Kota Cilegon cukup terbuka. Apalagi diperkirakan bacalon yang maju pada pilkada Cilegon tahun ini lebih dari lima pasang. Tiga pasang dari jalur perseorangan, dan lebih dua pasang yang diusung partai politik.

“Tentu kami akan mengawasi tahap pelaksanaan verifikasi faktual yang saat ini tengah berlangsung. Makanya dalam hal ini kita terus melakukan pembinaan,” jelas Siswandi.

Namun, sejauh ini Siswandi meyakinkan pihaknya belum menerima laporan penyelesaian sengketa. Baik secara temuan langsung atau laporan dari masyarakat. “Selama ini belum ada yang mengadukan. Masih sambil berjalan. Kita pun masih maping kerawanan, dan potensi pelanggaran,” ungkap Siswandi. (Rbs)