Antre Berjam-jam Demi Tukar Uang Pecahan Kecil

0
1.399 views
Hartati menunjukkan uang hasil penukaran di mobil Bank Indonesia.

SERANG – Ratusan orang tampak mengantre di depan enam mobil pelayanan penukaran uang milik sejumlah bank di Alun-alun Barat Kota Serang. Semuanya mengantre untuk melakukan penukaran uang ke pecahan yang lebih kecil.

Hartati salah satunya, warga Kramatwatu, Kabupaten Serang. Perempuan berjilbab ini rela mengantre lebih dari satu jam demi menukarkan uang Rp 3,7 juta miliknya dengan pecahan uang Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu, dan Rp 2 ribu.

“Ini pertama kali, biasanya langsung ke bank,” kata Hartati saat dijumpai awak media setelah melakukan penukaran uang, Kamis (15/6).

Jelang Lebaran, Hartati mengaku kerap ikut menukarkan uang seperti masyarakat kebanyakan. Tujuannya, selain untuk angpao Hari Raya Idul Fitri, juga untuk keperluan pribadi.

Nulyandi, warga lainnya menuturkan hal yang sama dengan Hartati. Lajang ini mengaku sengaja datang ke alun-alun untuk mendapatkan pecahan uang baru. “Keponakan kan seneng kalau dikasih uang baru,” katanya.

Sementara itu, petugas keamanan sekitar, Johan menuturkan mobil yang disiapkan oleh Bank BCA, BNI, Bank bjb, Bank Indonesia (BI), BRI, dan Bank Mandiri ini sudah stand by sejak pukul 08.00 WIB. Masyarakat pun ramai berdatangan sejak pagi.

“Buka sampai uangnya habis aja,” ujarnya. Terkait sampai kapan penukaran uang ini diadakan, menurut Johan itu bergantung pada kebijakan BI.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Banten Online, Bank Indonesia dan perbankan di Kota Serang mengadakan penukaran uang pecahan kecil selama tiga hari. Kamis (15/6), Jumat (16/6), dan Selasa (24/6). Pecahan uang yang disiapkan dari Rp 20 ribu hingga Rp 2 ribu dengan maksimal penukaran Rp 3,7 juta. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)