Antusias Menonton Avengers: Endgame

Daman Huri berfoto di depan poster film Avengers di XXI Supermal Karawaci, Kamis (25/4).

Menanti Kembalinya Para Hero dan Kematian Thanos

Daya tarik film superhero masih sangat kuat di masyarakat Indonesia. Terbukti saat diputar film Avengers Endgame secara serentak di bioskop di seluruh Banten, film berdurasi tiga jam ini mengundang antrean penonton.

HILAL AHMAD – Tangerang

Sebelum Avengers Endgame diputar 24 April, sejak 16 April, tiketnya sudah dijual resmi atau presale secara online maupun offline. Tak tanggung-tanggung, bahkan untuk penayangan lima hari yakni pada 24-28 April.

Akun Instagram @moviemaniacilegon pada postingan Selasa (23/4) memberitahukan, dua teater di XXI Cilegon Center Mall dan tiga teater di XXI Ramayana Cilegon akan memutarkan film yang berisi lebih dari dua lusin para jagoan Marvel Universe ini. Meskipun bukan dari jam 4 pagi seperti halnya bioskop-bioskop di Jakarta, namun antusiasme tetap tinggi. Tiket-tiket Avengers Endgame sold out. Dipastikan hingga tanggal 28 April nanti, yang datang langsung ke bioskop di Cilegon dan Serang, tidak kebagian karena sudah terjual.

Di sisi lain, penjualan presale ini menimbulkan dampak lain. Banyak yang membuat snapgram menjual tiket karena ternyata tiket yang dibeli tidak bisa dipakai karena si pengguna memiliki keperluan lain, entah keperluan keluarga dan sejenisnya. Akun @moviemaniacilegon kerap membantu membuat snapgram untuk penjualan tiket ini. Nah, ini bisa jadi alternatif bagi yang membutuhkan tiket Avengers Endgame di Cilegon dan Serang.

“Ramai banget, tapi emang kudu dan wajib nonton filmnya. Tiket offline ludes, mimin juga sampai kewalahan layanin orderan,” jelas admin akun @moviemaniacilegon saat ditanya tentang kondisi tiket-tiket di Cilegon.     

Hal serupa juga terjadi di Cinemaxx Mall of Serang. Dengan kapasitas kursi dan teater yang tidak terlampau banyak, bioskop satu-satunya di Serang ini kerap membeludak jika ada film-film yang ramai. Meskipun memutar film Avengers dengan jam tayang lebih banyak, tetap saja para calon penonton harus bersaing untuk mendapat tiket. Entah dengan memesan secara online atau membeli tiket sejak pagi hari, mulai dari jam beroperasi pukul 10.00 WIB.

Di hari kedua penayangan yakni 25 April, euforia masyarakat menyaksikan film yang menampilkan Iron Man, Captain Amerika, Thor, Black Widow, dan yang lainnya ini masih sangat terasa. Pantauan Radar Banten di bioskop XXI Supermal Karawaci, para penonton juga tampak padat. Meskipun hanya satu judul film yang diputar, namun bisa menarik antusiasme masyarakat untuk menyaksikannya. Terlebih lagi, saat penayangan, film yang diperuntukkan usia 13 tahun ke atas ini, para siswa kelas 1-5 SD sedang menjalani masa libur karena kelas 6 SD tengah ujian.

Tim Radar Banten yang datang ke XXI Supermal Karawaci pukul 13.00 WIB dan memesan tiket untuk pukul 14.00 WIB hanya kebagian tiket di barisan kedua paling depan. Barisan tiga ke belakang yang menjadi posisi ternyaman menonton, sudah terjual habis. Di hari itu, empat teater di XXI Supermal Karawaci hanya menayangkan film Avengers Endgame.

Penontonnya ternyata bukan hanya dari Karawaci, tapi juga dari Binong. Seperti halnya Danu Setiawan yang mengajak sang buah hati bernama Adil Alrantishy Ramadhan Setiawan. “Mumpung libur sekolah, anak saya minta diajak nonton Avengers Endgame ke sini,” jelas wiraswasta yang didampingi anak laki-laki berusia 10 tahun ini.

Lain halnya dengan Fathir Islami Abrar. Siswa kelas 6 di SDN Sukasari 4 Tangerang ini menonton bersama tiga temannya. Menurut Fathir, biasanya ia menonton film di bioskop yang tak jauh dari rumahnya yakni Tangcity Mall. Namun karena penuh, ia akhirnya ke Supermal Karawaci. “Dapat tiket yang jam 2 siang ini,” tukas Fathir yang baru saja selesai ujian pada Rabu (24/4) lalu.

Avengers Endgame dijadwalkan rilis di seluruh dunia pada 26 April. Namun di Indonesia tayang lebih dulu yakni pada 24 April. Ini seperti film Marvel lainnya yakni Captain Marvel yang jadwal penayangannya dipercepat.

Tradisi masyarakat Indonesia yang gemar melakukan spoiler atau membocorkan alur cerita film setelah menonton ini, direspons oleh para pemain Avengers. Brie Larson pemeran Captain Marvels dan Jeremi Renners pemeran Hawkeye malah berpesan melalui video yang viral di instagram untuk tidak melakukan spoiler.

Secara spesifik, Brie Larson malah menggunakan bahasa Indonesia. “Jangan spoiler,” begitu pesan Larson. Dari postingan yang beredar di dunia maya, banyak yang merespons positif film Avengers Endgame. Tak tanggung-tanggung, dari 1-10 banyak yang memberikan rating 9,2 bahkan 9,8.

“Saya enggak suka film superhero, sukanya komedi. Film Avengers sebelumnya pun belum nonton. Ekspektasi sebelum nonton sih biasa aja, tapi setelah nonton, wah bagus juga. Seru. Emosional,” tutur Daman Huri, mahasiswa Untirta yang juga Zetizen Icon Boy Radar Banten 2017.

Avengers Endgame menceritakan tentang para superhero yang tersisa setelah Thanos menjentikkan jari, dan separuh penghuni bumi menghilang menjadi abu. Di antaranya Doctor Strange, Spiderman, Black Panther, para Guardian of the Galaxy, Scarlet Witch. Para hero yang tersisa seperti Iron Man, Captain Amerika, Thor, Black Widow, Hulk, Racoon, Nebula ditambah Captain Marvel dan Ant Man mencari cara untuk mengembalikan separuh isi bumi yang menjadi abu.

Di 60 menit pertama, penonton terhibur karena Thanos bisa dengan mudah dibunuh. Tapi itu bukan klimaks. Untuk menghindari spoiler, mending tonton saja filmnya. Ingat kata Brie Larson, jangan spoiler. (*)