Anyer Akan Diguyur Hujan Saat Malam Pergantian Tahun

0
684 views
Rekreasi di pantai.

SERANG – Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I A Serang Tri Tjahjo mengungkapkan, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, pada malam pergantian tahun 2016 ke 2017, Sabtu (31/12) malam, di wilayah pesisir pantai akan turun hujan.

Hujan terjadi di wilayah pesisir Banten Utara dan Banten Selatan. Curah hujan dengan intensitas ringan terjadi di kawasan Selatan Sunda meliputi pesisir pantai Anyer dan Pelabuhan Merak. Namun di Kota Serang, Lebak dan Pandeglang, diprediksi hanya berawan.

“Untuk malam tahun barunya curah hujan masih di pesisir saja, setelah itu curah hujan akan merata pada saat awal tahun, tanggal 1-2 Januari 2017, ke wilayah daratan dengan curah hujan intensitas ringan hingga sedang,” kata Tri via telepon selular, Jumat (30/12).

Sementara tinggi gelombang di wilayah Selat Sunda bagian utara mencapai 0,5 – 1 meter. Jika tumbuh awan hujan maka tinggi gelombang akan meningkat menjadi 1,5 meter. Sedangkan untuk gelombang laut wilayah Selat Sunda bagian selatan diprediksi mencapai 1,5 – 2 meter. Jika turun hujan maka tinggi gelombang bisa mencapai 3 meter.

Ia mengimbau masyarakat mewaspadai dampak hujan dan berhati-hati saat berekreasi, misalnya rekreasi ke Taman Wisata Ujung Kulon, Tanjung Lesung, Labuan, dan Sumur di Kabupaten Pandeglang.  (Wirda)