Foto dari akun Twitter @kurusman

Jagat Twitter sedang dihebohkan dengan hastag 10 Year Challenge nih. Para penggunanya beramai-ramai memposting metamorfosa selama 10 tahun perjalanan hidup mereka.

Pemilik akun @herusetiawanME misalnya menuliskan, 2009 kamera apa adanya. Sedangkan 2019 kamera banyak apa-apanya.

Ya, memang benar sih. Ini sangat relate dengan meme yang viral beberapa waktu lalu tentang maafkan aku yang dulu. Di sisi kiri biasanya memperlihatkan foto yang buluk sementara foto kanan sisi yang kinclong. Ini juga banyak ditanggapi para pengguna hape android saat itu, karena banyak filter dan aplikasi edit foto yang mumpuni. Sehingga menjadikan seolah-olah foto kanan mengalami transformasi yang baik, padahal hanya efek edit foto.

Pemilik akun @kurusman bahkan lebih sarkas lagi. Dengan hastag #10yearchallenge, ia menuliskan dulu ganteng sekarang cantik. Foto sebelah kiri menampilkan foto laki-laki dengan kemeja flanel kotak-kotak sebagai outer, sementara sebelah kanan menampilkan wajah yang sama dengan hijab motif kotak-kotak. Wah, kira-kira ada yang tersindir nggak ya?

Kalau akun @muhzainalabidin, malah tak segan-segan menyebut merek. Ia menuliskan, 2009 diambil pakai kamera Nexian.  2019 diambil pakai Kamera Xiaomi. Foto sebelah kiri memperlihatkan foto seseorang berdiri di tepi pantai, namun mukanya tak terlihat karena gelap. Sementara foto sebelah kanan menampilkan foto Jason Mamoa bertelanjang dada di film Aquaman. Ada-ada saja ya.

Akun @bank_indonesia nggak mau melepaskan momen ini. Dengan cekatan sang admin menuliskan, “Kalian tau gak kalau website BI yang diluncurkan 22 tahun lalu, telah mengalami beberapa kali transformasi? Berikut tampilannya selama 10 tahun terakhir. Kalau kalian gimana?” foto yang diposting memperlihatkan web di 2009 dan foto di sampingnya tampilan web 2019.

Hastag #10yearchallenge ini pada pukul 09.34 WIB masih memuncaki trending topic Twitter Indonesia dengan  32,2 ribu Tweet. Kamu ikutan juga nggak? (Hilal Ahmad)