APBD Perubahan Kota Serang Defisit

0
404 views
Walikota Serang Syafrudin menandatangi kesepakatan bersama dengan DPRD Kota Serang tentang APBDP Kota Serang Tahun Anggaran 2020 di Ruang Paripurna DPRD Kota Serang, Senin (19/10).

SERANG – APBD Perubahan Kota Serang 2020 mengalami defisit hingga Rp107,2 miliar. Pemkot Serang mengalokasikan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) APBD 2019 untuk menutupi defisit tersebut.

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, defisit tersebut disebabkan merosotnya pendapatan asli daerah (PAD). PAD Kota Serang sebesar Rp1.274 triliun lebih rendah dibandingkan belanja daerah sebesar Rp1,382 triliun. “Kami rencanakan SiLPAnya nol atau nihil,” kata Syafrudin usai Rapat Paripurna tentang Perubahan APBD Tahun 2020 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Serang, Senin (19/10).

Syafrudin mengungkapkan, SiLPA APBD 2019 itu berasal dari penerimaan pajak daerah, lain-lain pendapatan yang sah serta efisiensi belanja langsung dan tidak langsung sebesar Rp107,2 miliar. “Defisit ditutup SiLPA APBD 2019 dengan besaran yang sama,” ungkap Syafrudin.

Kata Syafrudin, kondisi serupa juga terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia. Soalnya, kondisi anggaran 2020 dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 yang menyebabkan roda ekonomi terganggu. “Kondisi ini juga mempengaruhi keuangan daerah,” katanya.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang Wachyu B Kristiawan mengatakan, nihilnya SiLPA pada APBD Perubahan 2020 disebabkan oleh pendapatan defisit ditutup oleh SiLPA APBD 2019. “Jadi direncanakan tidak ada SiLPA atau nol rupiah,” katanya.

Kata Wachyu, pada APBD Perubahan 2020 Pemkot Serang tidak ada penambahan anggaran. “Ada juga hasil pegeseran bukan penambahan,” katanya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi mengakui  proyeksi SiLPA nol rupiah itu didasarkan pertimbangan yang sangat sulit lantaran kondisi Pandemi Covid-19. “Yang terpenting alokasi yang ada bisa dimanfaatkan untuk penanganan Covid-19 dan pembangunan fisik mendesak,” katanya. (fdr/nda)