SERANG – Dua jenis apel yang diduga mengandung bakteri berbahaya ditemukan di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Serang. Dua jenis apel tersebut asal California Amerika yakni Granny Smith dan Gala Royal. Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) dan Badan Ketahanan
Pangan menemukan dua jenis apel tersebut di sebuah ruang pendingin buah Mall of Serang.

Petugas menemukan Royal Gala sebanyak enam kilogram dan Granny Smith sebanyak 40 kilogram. “Tapi kita sudah tarik dari display sejak 26 Januari lalu. Rencananya kita akan kembalikan ke pusat,” terang Divisi Manager Mall of Serang Agus Setiawan kepada wartawan, Kamis
(29/1/2014).

Agus menjelaskan pihaknya telah menarik dua jenis apel tersebut sejak mendapat informasi dari jejaring sosial. “Begitu dapat info dari BBM kita langsung tarik dari display. Kita juga sudah dapat instruksi dari pusat untuk menarik apel tersebut,” kata dia.

Tanggal 27 Januari lalu, lanjut dia, pihak Mall of Serang mendapatkan surat edaran dari Kementrian Perdagangan. “Informasinya memang telat. Justru kita dapat sosialisasi melalui media sosial dan pemberitaan online,” ujarnya.

Selanjutnya, apel-apel tersebut, kata Agus akan dikembalikan ke hand office. “Sampai ada pemberiahuan lebih lanjut, kan mekanisme penarikan harus dari pusat melalui HO (hand officer-rted),” ungkapnya.

Mengenai penjualan jenis dua apel ini, diakui Agus, termasuk lambat terjual di pasaran. “Slow moving yah. Sehari belum tentu terjual sampai satu kilo sampai dua kilo. Ini karena harganya mahal, dia juga pakai zat lilin, rasanya agak asam. Jarang orang suka,” pungkasnya. (Wahyudin)