Apes! Niat Bobol Bank, Malah Terjebak di Toilet

0
457 views

LEGOK – Rabu (18/1) kemarin, menjadi hari yang tak bisa dilupakan oleh Suwaryo (32). Pria yang berprofesi sebagai kuli bangunan ini terjebak di toilet Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Republik Indonesia (BRI) Legok, Kabupaten Tangerang, sekira pukul 01.00 WIB setelah aksi pencuriannya kepergok satpam bank.

Peristiwa berawal saat pria asal Karawang, Jawa Barat ini terjebak utang yang besar dari rentenir di kampungnya. Pusing tujuh keliling, Suwaryo malah berniat jahat, yakni menggasak uang di BRI yang lokasinya tak jauh dari kontrakan.

Bermodalkan linggis dan alat seperlunya, pria ini menyusup ke atap belakang bank. Matanya sesekali melirik ke sana ke mari melihat kondisi sekitar.

Merasa aman, Suwaryo melancarkan aksinya menjebol atap kantor. Sreeett, suaranya membongkar genting bank ternyata didengar oleh sekuriti BRI, Yusuf. Sesampainya di bawah atap, Yusuf meneriakinya.

Kaget, Suwaryo langsung melompat ke bawah. Bruk…, tubuhnya menimpa benda keras. Dirinya terperanjat, ia mengira brankas uang yang ia timpa, melainkan wastafel toilet bank.

Warga Sangereng, Panongan ini tak bisa berbuat apa-apa setelah Yusuf di bantu warga meringkusnya. Tak ayal, wajahnya yang mulus menjadi sasaran amuk warga. Beruntung, nyawa pria ini tertolong setelah sejumlah polisi membawanya ke Mapolsek Legok.

”Kejadiannya sekitar jam satu malam, pelaku masuk melalui atap dan sudah ada di dalam toilet yang kuncinya macet,” tutur Yusuf, Rabu (18/1).

Terpisah, Kapolsek Legok AKP Purwadi mengatakan, tersangka merupakan pelaku tunggal dan baru pertama kali melakukan aksi pencurian tersebut. ”Dari keterangan pelaku, aksi nekatnya tersebut dilatarbelakangi persoalan ekonomi,” katanya.

Suwaryo harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun penjara. (mg-26/Radar Banten)