Apes, Pengedar Upal Ditangkap Korbannya Sendiri

Upal

CILEGON -Oki Priyadi (30) satu dari tiga pelaku uang palsu (upal) ditangkap korbannya sendiri, Sersi (31) dan Hasan Basri (33) pemilik warung di Lingkungan Ciore, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol sebelum berhasil membelanjakan upal yang dibawanya.

Pelaku Oki Priyadi membenarkan jika dirinya ditangkap oleh korbannya saat membeli beberapa bungkus rokok dengan menggunakan upal. Dalam aksinya, sebanyak lima lembar upal berhasil dibelanjakan di sejumlah warung di wilayah Kecamatan Grogol. “Uangnya dibelikan rokok. Saya cuma disuruh membelanjakannya. Uang palsu ini milik dia (Usman Efendi,-red)” katanya.

Sementara itu, Usman Efendi mengaku jika upal miliknya itu merupakan hasil pemberian seseorang yang saat ini masih dalam pengejaran aparat kepolisian. Jumlah upal yang dimilikinya sebanyak 20 lembar pecahan Rp100 ribu. “Saya dapat dikasih, tadinya ada 20 lembar, sekarang tinggal 15 lembar, lima lembar sudah dibelanjakan dia (Oki Priyadi,-red),” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Satreskrim Polres Cilegon mengamankan Oki Priyadi (23), Usman Efendi (31) dan Siswanto (40). Ketiganya merupakan pelaku pengedar upal di Lingkungan Ciore, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol, dengan modus mengedarkan upal ke warung-warung.

Baca juga: Satreskrim Polres Cilegon Tangkap Tiga Pengedar Upal

Dari tangan ketiga pelaku, polisi berhasil mengamankan 15 lembar upal pecahan Rp100 ribu, uang asli Rp368 ribu, puluhan rokok berbagai macam merk, beberapa jenis korek dan beberapa obat yang dibeli dengan menggunakan upal serta satu unit sepeda motor Yamaha Mio J dengan plat nomor A 3817 WB yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya. (Ade F)