Api Kompor Dibiarkan Menyala, Dua Rumah Terbakar

Seorang warga membersihkan puing rumah yang ludes terbakar di Desa Cakung, Kecamatan Binuang, Jumat (10/8).

SERANG – Akibat kelalaian pemilik rumah yang meninggalkan masakan dalam kondisi api kompor menyala, dua rumah di Desa Cakung, Kecamatan Binuang hangus terbakar, Jumat (10/8) siang. Beruntung kebakaran tidak sampai menelan korban jiwa.

Kebakaran terjadi sekira pukul 13.00 WIB. Saat itu, Muhibah (63), pemilik rumah pergi berjualan gorengan keliling kampung meninggalkan masakan di atas kompor dalam kondisi api masih menyala. Diduga kompor meledak karena terlalu lama dibiarkan, api dari dapur langsung merambat ke ruangan lain dan membuat rumah semi permanen milik Muhibah ludes. Tak sampai di situ, si jago merah juga merambat ke bangunan rumah tetangga Muhibah.

Api pun berhasil dipadamkan warga dengan peralatan seadanya. Muhibah yang baru pulang berjualan pun langsung kaget setelah melihat kondisi rumahnya yang ludes terbakar.

Kepala Desa Cakung Arsawi mengatakan, terbakarnya dua rumah di wilayahnya diketahui warga setelah melaksanakan ibadah salat Jumat. Api cepat merambat karena angin saat kejadian cukup kencang sehingga api cepat merambat ke rumah lain milik Sayuda. “Untung habis Jumatan warga masih kumpul. Kalau enggak apinya makin melebar. Yang terbakar rumah milik ibu Muhibah, semuanya ludes. Rumah sebelahnya juga milik Sayuda mengalami kerusakan cukup parah,” ujar Arsawi.

Arsawi mengestimasi, kerugian yang dialami Muhibah mencapai sekira Rp100 juta, sedangkan Sayuda sekira Rp25 juta. Arsawi mengaku prihatin, karena mengetahui Muhibah yang berstatus janda hanya tinggal sendiri di rumah setelah ditinggal mati suami. Anaknya yang sudah berkeluarga sudah pisah rumah. “Sekarang korban tinggal di rumah saudaranya,” katanya.

Sementara itu, Camat Binuang Muhammad Iskandar berjanji, segera membuat laporan dan meminta bantuan kepada Pemkab Serang atas peristiwa yang menimpa Muhibah. “Kita juga sudah sampaikan ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah-red),” singkatnya. (Rozak/RBG)