Api Lilin Sambar Minyak, Rumah Warga Malingping Terbakar

Sejumlah warga Kampung Barat, Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping mengevakuasi barang milik Aan Kunaepi yang ludes terbakar, Jumat (4/5).

MALINGPING – Aan Kunaepi, warga Kampung Kandang Barat, Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, berduka. Ini terjadi karena rumah semipermanen miliknya ludes terbakar pada Jumat (4/5) pukul 09.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, sementara kerugian yang dialami korban mencapai puluhan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun Radar Banten, saat kejadian Aan Kunaepi sedang ada di sawah. Sementara, istri dan dua anaknya sedang berada di dalam rumah yang sedang menyalakan lilin.

Belum diketahui penyebabnya apa, lilin yang dibakar di atas kompor menyambar minyak yang berada di dekat kompor hingga terdengar suara ledakan. Mendengar suara itu, istri dan anak korban lari keluar rumah. Api terus membesar dan membakar rumah tersebut.

Warga yang mengetahui musibah itu sempat melakukan upaya pemadaman dengan menggunakan air seadanya. Lantaran material bangunan terbuat dari bahan yang mudah terbakar, api terus membesar hingga tidak terkendali.

Dihubungi melalui telepon seluler, Camat Malingping Sukanta mengatakan, rumah warga Sukamanah yang berprofesi sebagai petani rusak parah. Selain bangunan rumah, surat-surat berharga, barang elektronik, pakaian, dan peralatan rumah tangga lainnya juga ludes terbakar. Termasuk uang arisan yang dikelola istri korban sebesar Rp30 juta juga ikut terbakar. “Dari keterangan korban, kebakaran di Sukamanah bersumber dari lilin yang dibakar di atas kompor. Kerugian material ditaksir mencapai Rp35 juta. Itu belum termasuk uang arisan yang dipegang istri korban sebesar Rp30 juta,” kata Sukanta kepada Radar Banten, kemarin.

Ia mengaku, peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayahnya telah dilaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak. Informasinya, tim dari BPBD akan segera mengirimkan bantuan tanggap darurat untuk korban kebakaran. “Pemerintah akan memberikan bantuan ala kadarnya kepada korban kebakaran. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban korban yang terkena musibah,” katanya.

Kepala Seksi Kedaruratan (BPBD) Kabupaten Lebak Madlias membenarkan, telah terjadi kebakaran di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping.

Kata dia, tidak ada barang-barang milik korban yang bisa diselamatkan. “Kita akan segera distribusikan bantuan tanggap darurat ke Malingping. Bantuan yang dikirim berupa mi instan, beras, kecap, saus, selimut, dan peralatan rumah tangga,” katanya. (Mastur/RBG)