Aplikasi mFish Tingkatkan Produksi Nelayan

XL Axiata
Perwakilan PT XL Axiata menyerahkan paket aplikasi mFish bagi nelayan di Yogyakarta. (Istimewa)

YOGYAKARTANelayan yang memanfaatkan aplikasi digital mFish terus bertambah. PT XL Axiata Tbk (XL) awal pekan ini mulai mengimplementasikannya kepada para nelayan di Pantai Baron, Gunung Kidul, dan Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta. Pekan sebelumnya, para nelayan di Balikpapan, Kalimantan Timur juga mulai memanfaatkan panduan barbasis teknologi digital tersebut untuk meningkatkan produktivitas dan keamanan selama bekerja di laut.

Vice Presiden Central Region XL, Bambang Parikesit mengatakan, tahun ini XL mulai mengimplementasikan mFish bagi para nelayan di wilayah Yogyakarta dengan harapan sarana berteknologi digital yang kaya manfaat ini juga bisa dimanfaatkan warga nelayan. “Pada tahap awal ini, akan ada 260 paket mFish yang kami bagikan kepada nelayan Yogyakarta,” ujarnya melalui rilis, kemarin.

Bambang menambahkan, distribusi paket mFish terdiri dari 160 untuk nelayan Pantai Baron, Gunung Kidul. Sementara itu untuk nelayan Pantai Depok, Bantul dialokasikan sebanyak 100 paket mFish. Satu paket mFish terdiri dari handset, kartu SIM XL, pengisi baterai tenaga sinar matahari, tas anti-air, dan kabel data. Implementasi mFish di Yogyakarta ini sekaligus sebagai upaya XL untuk menyosialisasikan pemanfaatan teknologi digital guna meningkatkan kinerja dan produktivitas warga di berbagai bidang.

Dalam mengimplementasikan mFish ini, XL bekerjasama dengan TONE, yang menjadi partner pengembang aplikasi tersebut. Aplikasi mFish sendiri memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi. Tahun lalu, Presiden RI Joko Widodo sempat menyaksikan demonstrasi cara kerja mFish dan memberikan apresiasi atas aplikasi khusus bagi kaum nelayan ini.

Untuk memastikan program implementasi mFish di Yogyakarta ini berjalan seperti yang diharapkan. XL mendapatkan dukungan dari PT Komunika Mitra Pratama, mitra dealer XL, untuk menyediakan pendampingan selama enam bulan. Akan ada petugas yang secara rutin mendatangi nelayan untuk melakukan pendampingan sekalian menjaga tingkat efektivitas. Sosialisasi program ini sudah dilakukan sejak Desember 2015. Selain itu, dari sisi jaringan, di ke dua area tersebut sudah tersedia layanan 3G dengan kualitas yang bagus untuk akses data internet. (RB/run/ags)