Rilis iPhone XS dan iPhone XS Max

TEKA-teki kehadiran iPhone 2018 akhirnya terjawab. Itu setelah Apple menggelar acara di markas besarnya di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS), Rabu (12/9) waktu setempat. Pada gelaran tersebut, Apple mengumunkan kehadiran trio iPhone terbarunya. Ketiganya memiliki nama iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

CEO Apple Tim Cook dalam presentasinya mengatakan, iPhone sebagai smartphone masa depan sejak dulu selalu menghadirkan teknologi yang sangat canggih. “Kala itu iPhone X membawa kamera terbaik dengan software terbaik, iPhone X juga mengubah industri smartphone. iPhone X berhasil membuatnya menjadi smartphone terbaik di dunia dengan respons kepuasan konsumen 98 persen,” ujar Cook dikutip dari JawaPos.com.

“Hari ini kami akan membawa iPhone X ke level selanjutnya dengan iPhone XS dan iPhone XS Max,” imbuh Cook dalam acara peluncuran smartphone terbaru Apple.

Dari segi spesifikasi, iPhone XS dan iPhone XS Max sejatinya merupakan produk yang sama. Seperti namanya, iPhone XS Max membawa layar lebih lega dan baterai lebih besar dari iPhone XS. Sisanya sama.

iPhone XS mengemas layar berukuran 5,8 inci (458 ppi), sedangkan iPhone XS Max memiliki bentang 6,5 inci (458 ppi) dengan tampilan OLED HDR (layar Super Retina). Jeroannya, Apple menyematkan Chipset A12 Bionic dengan fabrikasi prosesor 7 nm (nanometer) yang menjanjikan penggunaan aplikasi 30 persen lebih cepat daripada iPhone sebelumnya. Keduanya hadir dengan opsi penyimpanan internal 64 GB, 128 GB, dan 512 GB.

Sementara urusan kamera, baik iPhone XS dan iPhone XS Max pun mengemas spesifikasi yang sama. Pada bagian belakang, tersemat kamera ganda 12 MP (Wide) f/1.8 dan 12 MP (Telephoto) f/2.4. Pada bagian depan, terdapat kamera dengan kekuatan 7 MP (RGB) f/2.2 yang bersanding dengan beberapa sensor di area notch atau takiknya.

Lainnya dari iPhone XS dan iPhone XS Max adalah sertifikat IP68 water-resistance rating (dua meter hingga 30 menit dalam air). Masa pakai baterai iPhone XS diklaim mampu bertahan 30 menit lebih lama daripada iPhone X, sementara iPhone XS Max diklaim 1,5 jam lebih lama dari iPhone X.

Fitur terbaru lainnya, smartphone terbaru Apple ini juga mendukung kartu SIM ganda melalui teknologi e-SIM, Face ID yang lebih cepat, 3D Touch pressure-sensitive screen, suara stereo dengan bidang stereo yang lebih luas daripada iPhone 2017. iPhone XS dan iPhone XS Max hadir dengan warna gold, silver, dan space grey.

Varian selanjutnya adalah iPhone XR. iPhone XR dikatakan sebagai penerus iPhone 8. Namun menurutnya ini lebih cocok disebut sebagai iPhone SE masa kini dengan kelir warna yang mencolok. iPhone XR mengemas layar dengan panel layar LCD 6,1 inci dengan resolusi 1,792 x 828 dan 326 ppi yang disebut Apple sebagai layar Liquid Retina.

iPhone XR sebagai perangkat yang lebih ekonomis, selain material layar yang berbeda dengan iPhone XS dan iPhone XS Max, urusan kameranya juga berbeda. Sebab iPhone XR hanya mengemas satu buah lensa di bagian belakang dengan resolusi 12 MP (Wide) bukaan f/1.8. Kamera selfie-nya sama dengan iPhone XS dan iPhone XS Max, yakni 7 MP (RGB) f/2.2, juga bersanding dengan beberapa sensor di area notch atau takiknya.

Kesamaan lainnya terletak pada urusan chipset yang membawa A12 Bionic chip dengan kombinasi opsi penyimpanan 64 GB, 128 GB, 256 GB. Klaim masa pakai baterai iPhone XR disebut 1,5 jam lebih per hari dari pada iPhone 8 Plus dengan fitur ketahanan IP67 tahan air dan debu.

Tidak ada 3D Touch pada iPhone XR. Sebaliknya, user akan mendapatkan sentuhan haptic seperti trackpad pada perangkat ini. iPhone XR tersedia dalam pilihan warna blue, coral, yellow, white, black, dan project red.

iPhone XR

iPhone XS, iPhone XS Mad maupun iPhone XR sama-sama sudah hadir dengan dukungan operating system (OS) iOS 12 terbaru.

Urusan kantong, hampir mirip dengan pemberitaan sebelumnya. Perangkat-perangkat Apple terbaru ini hadir dengan harga yang wow. Untuk iPhone XS dilepas dengan harga mulai USD999 atau setara Rp14,9 jutaan untuk varian internal storage 64 GB. Sementara untuk iPhone XS Max dengan layar gambot, Apple Fanboy mesti merogoh kocek mulai dari USD1.099 atau setara dengan Rp16,4 jutaan untuk varian internal storage terendah 64 GB.

Terakhir untuk iPhone XR yang menjadi perangkat iPhone paling murah dari Apple. Calon konsumen setidaknya mesti menyiapkan uang mulai dari USD799 atau setara dengan Rp11,1 jutaan untuk membawa pulang varian terendah dengan penyimpanan internal 64 GB. (jpg/aas/dwi)