April Masyarakat Divaksin Corona

0
962
Kepala Dinkes Kabupaten Pandeglang Raden Dewi Setiani (kiri) diperiksa kesehatan sebelum mendapatkan vaksin corona di aula Dinkes Kabupaten Pandeglang, Jumat (29/1).

PANDEGLANG – Pemkab Pandeglang memastikan imunisasi vaksin virus corona bagi masyarakat akan dilaksanakan pada tahap kelima atau di bulan April mendatang.

Saat ini, Pemerintah Daerah (Pemda) masih fokus pemberian vaksin terhadap tenaga kesehatan dan dokter.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang Raden Dewi Setiani, pemberian vaksin tahap pertama masih dikhususkan bagi dokter, tahap kedua bagi tenaga kesehatan, tahap ketiga bagi anggota TNI dan Polri, tahap keempat bagi para pegawai di lingkungan Pemkab Pandeglang dan tahap kelima bagi masyarakat umum.

“Bagi masyarakat umum, vaksinasi corona nanti dilakukannya di bulan April atau tahap kelima. Sekarang fokus kita untuk tenaga kesehatan dan dokter dulu. Karena mereka paling rentan terpapar corona,” katanya, kemarin.

Dewi meyakinkan, setelah selesai melakukan imunisasi vaksin tahap pertama, pihaknya akan kembali mengajukan permohonan penambahan anti body virus corona tersebut kepada Pemerintah Pusat melalui Pemprov Banten.

“Penambahan pasti kita ajukan. Tetapi sekarang kita selesaikan tahap pertama dulu, karena harus dilakukan satu kali vaksin lagi,” katanya.

Dewi mengatakan, jumlah masyarakat yang akan divaksin corona mengacu pada data Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilkada Pandeglang 2020 lalu, yakni sebanyak 904.792 orang.

Hal itu, kata dia, sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan. “Kita pakai data itu dulu untuk sementara sesuai instruksi. Tetapi, kita juga enggak tahu apakah ada perubahan atau tidak, karena kebijakan selalu berubah-ubah,” katanya.

Dewi meminta kepada masyarakat agar bisa mengikuti vaksinasi corona yang menjadi program Pemerintah Pusat dalam upaya menyelesaikan persoalan virus corona di Pandeglang.

“Kita harus divaksin agar corona bisa diatasi. Kita harapkan masyarakat bisa mengikuti dan bekerja sama demi kebaikan bersama dalam upaya mengatasi persoalan wabah corona di Pandeglang,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang Habibi Arafat menyarankan kepada semua warga Pandeglang, agar bisa mengikuti program tersebut.

Tujuannya, lanjut dia, agar penyebaran virus corona di Pandeglang bisa dihentikan dan perekonomian masyarakat bisa segera pulih. “Saya selalu menyampaikan kepada masyarakat agar bisa mengikuti anjuran pemerintah mengenai vaksin corona karena itu merupakan ikhtiar kita dalam mengatasi wabah ini. Tetapi, yang paling terpenting adalah kita harus mematuhi protokol kesehatan,” katanya. (dib/zis)