Arah Politik Pilkada PDIP Menunggu Arahan Kongres

Suasana konferensi pers di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Serang, Jalan Serang-Jakarta, Kecamatan Ciruas, Minggu (4/8). Foto Rozak/Radar Banten

SERANG – PDI Perjuangan belum menentukan arah politik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Serang. DPC PDI Perjuangan Kabupaten Serang masih menunggu arahan Dewan Pengurus Pusat (DPP).

Hal itu diungkapkan Ketua Umum DPC PDIP Kabupaten Serang Madsuri dalam konferensi pers kepada wartawan di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Serang, Jalan Raya Serang-Jakarta, Kecamatan Ciruas, Minggu (4/8).

Madsuri mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyambut datangnya Kongres PDI Perjuangan di Pulau Dewata Bali yang akan digelar pada 8 sampai 10 Agustus mendatang. Kata Madsuri, pembahasan kongres salah satunya akan menentukan rekomendasi DPP untuk pilkada di setiap daerah termasuk di Kabupaten Serang. “Hari ini, kita solidkan dulu pengurus DPC yang baru untuk menyambut kongres di Bali,” ujarnya.

Pihaknya juga belum menentukan calon yang akan diusung pada pilkada. “Kalaupun nanti DPP menginstruksikan bakal menjaring calon untuk umum, maka akan kita lakukan itu,” tegasnya.

Madsuri juga mengaku, pihaknya belum membidik kursi bupati atau wakil bupati pada Pilkada 2020. Sampai saat ini, ia belum berkomunikasi intensif dengan partai lain. “Nanti setelah kongres baru kita akan bersikap seperti apa. Sekarang kita sedang fokus kongres dulu. Hasilnya, nanti akan kita sampaikan ke publik,” jelas anggota DPRD Kabupaten Serang itu.

Madsuri juga mengaku sedang mengevaluasi partainya menyambut Pilkada 2020. Soalnya, suara PDI Perjuangan di Kabupaten Serang mengalami penurunan pada pileg kemarin. “Pasti akan kita evaluasi besar-besaran karena kita mengalami penurunan kursi. Dari lima kursi sekarang empat kursi. Perolehan suara juga turun dari 78.000 suara menjadi 50.000 suara,” keluhnya.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Serang James Tangka menambahkan, pihaknya mendukung Megawati Soekarno Putri menjadi Ketua Umum DPP pada kongres. Ia menilai, Megawati sudah banyak prestasi dan menghantarkan PDI Perjuangan menjadi partai pemenang secara nasional selama dua kali berturut-turut.

“Seperti kita ketahui bersama di Pileg 2014 dan 2019 PDI Perjuangan menjadi partai pemenang secara nasional,” terangnya. (jek/zai/ags)