Armada Pengangkut Sampah di DLH Kota Serang Dinilai Masih Kurang

Petugas kebersihan DLH Kota Serang menggelar apel Kesiapsiagaan Kesampahan di kawasan Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Minggu (14/6).

SERANG – Armada pengangkut sampah pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang dinilai masih kurang. Armada pengangkut sampah berjumlah 35 unit itu belum memadai untuk mengangkut lebih dari 1.623 kubik sampah per hari di Kota Serang. 

Kepala DLH Kota Serang Ipiyanto mengatakan, setiap hari Kota Serang menghasilkan tak kurang dari 1.623 kubik sampah. Jumlah ini tidak sebanding dengan armada yang dimiliki oleh Pemkot Serang.

“Bisa dihitung satu dump truck hanya bisa mengangkut sampah sampai dengan enam kubik, sementara untuk 1.623 membutuhkan 270 armada,” kata Ipiyanto usai menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Sampah di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Minggu (14/6).

Kata Ipiyanto, untuk menyiasati kekurangan armada tersebut, DLH memaksimalkan penambahan trayek jangkauan armada dan volume pengangkutan sampah hingga tiga kali.

“Karena jumlah sampah liar terus mengalami peningkatkan, terlebih sampah rumah tangga karena dampak pandemi Covid-19. Kami juga melakukan uji coba selama dua minggu untuk mengetahui penyelesaian persoalan sampah liar,” katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya akan memaksimalkan dan menambah tempat pembuangan sampah (TPS) yang tersebar di enam kecamatan dan kelurahan. “Total TPS yang ada itu 92, tapi yang masih bagus bentuknya hanya 78 TPS saja. Ini juga belum maksimal menampung sampah, tapi ketika akan ada penambahan, masyarakat terus menolak, dengan alasan menimbulkan bau,” terangnya.

Ipiyanto juga meminta kepada masyarakat untuk menjaga fasilitas umum seperti bak sampah yang ada di setiap sudut kota agar tidak dirusak. “Karena ini menyangkut habbit (kebiasaan-red) masyarakat yang merusak,” katanya.

Terpisah, Walikota Serang, Syafrudin mengaku akan menambah armada pengangkut sampah secara bertahap. Langkah ini untuk mengurai persoalan sampah yang kerap dikeluhkan masyarakat. “Sampah ini setiap tahun akan bertambah, karena masyarakatnya terus bertambah. Maka armada ini juga akan mengikutinya,” katanya.

Sementara terkait apel kesiapsiagaan, Syafrudin mengatakan, tujuannya untuk memastikan persiapan teknis untuk menangani persoalan sampah di masyarakat. “Dari minggu lalu kami sudah instruksikan DLH untuk menangani sampah, terutama sampah liar yang ada di TPS. Ini salah satu visi misi Pemkot Serang,” pungkasnya. (fdr/nda)