Terminal Terpadu Merak
Bus di Terminal Terpadu Merak.

CILEGON – Calon penumpang bus di Terminal Terpadu Merak (TTM) pada Minggu (10/7) membludak. Mereka ini adalah penumpang kapal dari Pelabuhan Merak yang akan melanjutkan perjalanan menuju daerah Jakartadan semitarnya serta Bandung.

Lonjakan penumpangdi TTM diperkirakan akan berlangsung hingga malam hari. Hingga sore ini, lonjakan penumpang tidak ada yang telantar dan semua terangkut oleh bus yang beroperasi di TTM.

Bambang, pria asal Lampung, memilih waktu keberangkatan hari ini sebab Senin besok sudah harus kembali kerja. “Ini hari terakhir libur Lebaran, kan besok sudah masuk kerja lagi,” ujar Bambang, yang hendak menuju Bekasi dengan menggunakan armada bus reguler.

Eva Aisyah, penumpang bus jurusan Bandung, bersama keluarganya masih menikmati waktu libur sekolah hingga 17 Juli mendatang. “Anak-anak kan masuk sekolah tanggal 18, jadi pulang sekarang biar masih ada banyak waktu santai buat liburan,” kata pemudik dari Palembang yang hendak menuju Bandung ini.

Berdasarkan data Terminal Terpadu Merak, pada 9 Juli 2016 ada 23.042 penumpang yang naik bus dengan tujuan Jakarta dan daerah lain di Pulau Jawa. Sedangkan penumpang yang turun 7.132 orang. Sebanyak 584 armada bus yang datang dan 592 bus yang keluar.

Data tersebut mengalami peningkatan dibandingkan 7 Juli 2016, penumpang naik 5.479 orang, penumpang turun 10.747, armada bus yang datang 457 dan 359 bus yang keluar. (Riko)