MERAK – Untuk mengatasi kemacetan yang biasa terjadi pada arus mudik lebaran, pada tahun ini akan dibuat jalur khusus sepeda motor sepanjang 10 kilometer dari pintu Pelabuhan Merak hingga jalan raya Merak-Cilegon.

Demikian dikatakan Menteri Perhubungan EE Mangindaan di sela-sela acara peringatan Hari Pelaut Sedunia di Dermaga IV Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Rabu (25/6/2014).

“Biasanya pemudik roda dua, jika mudik konvoi dan tidak beraturan, senantiasa membuat kemacetan di jalan raya. Jadi dengan kondisi demikian kita membuat jalur khusus untuk pemudik motor sepanjang 10 kilometer,” ujarnya.

Dijelaskan, dengan membuat jalur tersebut pihaknya sudah bekerja sama dengan Pemerintahan Kota Cilegon, Polres Cilegon, dan Polda Banten. “Jadi dalam pembahasan rapat kita persipan arus mudik lebaran agar tidak terjadi kesemrawutan saat arus mudik 2014,” jelasnya.

Pembuatan jalur tersebut, lanjut Menteri, akan mulai dibangun sepuluh hari menjelang angkutan arus mudik lebaran dan pada H-7 hingga H+7 sudah bisa dipergunakan. (SEFRINAL)