ASDP Bakal Pecat Puluhan Petugas Kebersihan Pelabuhan

Suasana pertemuan antara petugas kebersihan Pelabuhan Merak dengan Manajemen BKJ
Suasana pertemuan antara petugas kebersihan Pelabuhan Merak dengan Manajemen BKJ

MERAK – Puluhan petugas kebersihan (cleaning service) yang biasa beraktivitas di kawasan Pelabuhan Merak mendatangi kantor PT Bangkit Karya Jaya (BKJ), perusahaan suplai tenaga kerja ke PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Utama Merak, Rabu (10/2/2016).

Kedatangan mereka ke kantor yang terdapat di lingkungan Sukasari, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon itu menyusul kabar akan adanya pengurangan tenaga kerja oleh PT ASDP Cabang Utama Merak kepada BKJ, melalui pernyataan Manager Operasional PT ASDP Cabang Utama Merak, Nana Sutisna.

“Kabarnya ada 30 orang yang mau di PHK. Alasan perusahaan macam-macamlah, katanya (Nana) ada temuan. Mulai dari kami tidak mau disuruh-suruh, terus suka tidur waktu jam piket, pokoknya alasannya itu nggak logis,” ujar Trimo (25), salah seorang pekerja.

Pernyataan Nana Sutisna itu, kata dia, meresahkan pekerja. Untuk mendapatkan kepastian kabar itu pun dirinya bersama puluhan pekerja lainnya akhirnya mendatangi kantor BKJ.

“Di pelabuhan kami itu kerja dibagi tiga shift. Satu shiftnya itu 38 orang. Nah, kabarnya itu ada 10 orang dari setiap shift yang mau di PHK. Kalau sampai di PHK, anak istri kami mau makan apa. Sedangkan selama ini usahanya cuma di pelabuhan doang,” ujar Suwarno (55), petugas kebersihan yang biasa beroperasi di kawasan dermaga Pelabuhan Merak.

Hingga berita ini diturunkan, audiensi antara pekerja dan manajemen BKJ masih terus berlangsung. (Devi Krisna)