Suasana lengang di Pelabuhan Merak, Cilegon

MERAK – Situasi lalu lintas arus balik kendaraan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Sabtu (2/1/2016) ini terpantau masih lengang. Di sejumlah dermaga, muatan dari kapal-kapal penyeberangan yang sandar dan melakukan aktivitas bongkar muatan tampak belum dipadati kendaraan maupun penumpang pejalan kaki yang diusung dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Utama Merak, Yanus Lentangan mengatakan, puncak arus balik libur panjang sekolah yang dibarengi dengan natal dan tahun baru itu diprediksi akan terjadi pada Minggu (3/1/2016) besok. “Mungkin arus balik itu akan terjadi pada tanggal 3 Januari besok, karena lusanya (Senin) pelajar itu kan sudah mulai masuk sekolah,” ujarnya.

Yanus menjelaskan, pola arus berangkat dan arus balik pada momentum libur panjang yang dibarengi dengan natal dan tahun baru 2016 ini tidak beda halnya dengan momentum hari raya Idul Fitri. Penyeberang, biasanya kembali ke daerah asal tempat ia beraktivitas pada hari terakhir libur. “Jadi arus balik ini sangat mirip dengan angkutan Lebaran,” katanya. (Devi Krisna)