Ketua DPRD Bantern Asep Rahmatullah

SERANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) Provinsi Banten Asep Rahmatullah menilai Pemerintah Kota Serang dibawah kepemimpinan Tubagus Haerul Jaman tidak memiliki konsep dalam menata Kota Serang.

Hal tersebut disampaikan oleh politisi Partai PDIP saat melakukan reses bersama awak media di Diva Cafe, Ciceri, Kota Serang, hari ini, Selasa (14/3). “Artinya tida terkonsep, kalau konsepnya ada tidak bisa dilakukan namanya gagal, ini tidak ada konsep,” ungkapnya.
Asep menuturkan, kritikannya tersebut mengacu pada kondisi Kota Serang saat ini. Dimana dirinya menilai tidak ada pembangunan yang menonjol dan dampaknya dirasakan oleh masyarakat luas. Ruang Terbuka Hijau (RTH) misalnya. Sebagai ibu kota Provinsi Banten, menurutnya RTH tempat masyarakat melepas penat, bersantai atau melakukan aktifitas-aktifitas lain yang mengurangi tingkat stres dan kejenuhan sangat kurang.

“Hanya ada alun-alun itu pun kadang dijadikan tempat dagang, semuanya ada, tukang pakaian, cabe, hingga cabe-cabean ada,” ujar Asep.

Setidaknya, lanjut Asep, RTH dengan luas minimal dua hektar harus ada disetiap kecamatan yang ada di Kota Serang, agar masyarakat bisa menikmati pembangunan secara merata. “Penguatan pembangunan harus menyetuh sampai tingkat kecamatan, buat alun-alun, dan yang lainnya,” ujarnya.

Untuk membangun itu, pemerintah bisa menggaet investor yang ada di Kota Serang. Dengan kewenangan yang dimiliki pemerintah, Asep memastikan investor mau bekerjasama dengan pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut.

“Di Kota Serang kan tanah belum terlalu mahal, ada investor, pengembang misalnya, dengan tanah seluas dua hektar, cari pengembang yang mau ngehibahin tanahnya. Pasti ada, hanya harus jelas apa keuntungan bagi mereka jika memberikan tanah. Misalnya dibangunkan akses jalan, pasti mau dari pada tanahnya tidak terjual,” tutur Asep.

Kemudian, sambung Asep, sudah 10 tahun pemerintah kota, hingga saat ini Banten Lama belum menjadi kawasatan wisata religi yang terkelola dengan baik. “2018 akan ada pemilihan kepala daerah di Kota Serang, saya berharap masyarakat untuk memilih walikota yang memiliki kemampuan menejerial terhdap kontek bagaimana Kota Serang menjadi lebih baik, tadi temen-temen tanya, harus seperti apa pembangunan, ini harus terkonsep, terukur,” ujar Asep. (Bayu)