JAKARTA – Telkomsel kembali catatkan kenaikan payload atau trafik data yang signifikan selama pertandingan di venue-venue Asian Games 2018. Kenaikan trafik data tertinggi terjadi di Istora Senayan sebesar 170% saat final pertandingan bulutangkis berlangsung. Optimalisasi jaringan terus dilakukan untuk menjawab tingginya animo masyarakat terhadap layanan Telkomsel selama Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK).

“Kami sangat senang bahwa animo masyarakat terhadap Asian Games sangat luar biasa dan alhamdulillah semua kebutuhan pelanggan dalam berkomunikasi dapat kami layani dengan baik. Sebagai official mobile partner Asian Games 2018, Telkomsel telah berkomitmen untuk mengawal jaringannya dengan baik sehingga layanan komunikasi di semua venue Asian Games dapat terlayani dengan lancar,” kata Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Ririn Widaryani dikutip dari siaran pers.

Menjelang penutupan Asian Games 2018, tercatat lebih dari 1 juta pelanggan Telkomsel yang telah mengunjungi GBK. Besarnya pengunjung yang hadir ini mengakibatkan trafik data Telkomsel naik signifikan, seperti pada saat final pertandingan bulutangkis di Istora Senayan yang mencapai lebih dari 170% dengan jumlah pelanggan Telkomsel yang hadir di GBK lebih dari 95 ribu.

Di Main Stadium GBK sendiri yang merupakan termpat pertandingan cabang olahraga atletik juga terjadi kenaikan data rata-rata hingga 149%. Sementara itu di venue Archery Field GBK juga terjadi kenaikan data rata-rata sebesar 190%, begitu pula dengan Hockey Field GBK yang mencapai kenaikan hingga 194%. Kenaikan traffic data juga terlihat signifikan di venue Auquatic GBK yang mencapai 215%. Secara prosentase pertumbuhan kenaikan venue di Istora Senayan memang terlihat tidak lebih tinggi dari ketiga venue diatas, tetapi secara jumlah data tetap Istora Senayan tertinggi.

Merespons animo masyarakat yang tinggi untuk mengunjungi GBK, Telkomsel telah menambah 8 Combat di titik-titik yang banyak didatangi pengunjung, seperti Zona Festival Binbin, Kaka, dan Atung. Selain itu Telkomsel juga telah menambah kapasitas jaringan 4G LTE sebesar 35% dibandingan saat opening Ceremony, sehingga pelanggan dapat meninkmati internet di jaringan Telkomsel dengan lebih maksimal.

Rata-rata kecepatan internet yang dapat diakses oleh pelanggan Telkomsel di GBK adalah 20 Mbps, dengan kecepatan minimal 5 Mbps. Dengan adanya optimalisasi tersebut Telkomsel menjamin pelanggan dapat mengakses berbagai konten di internet seperti instant messaging, streaming, sosial media atau aplikasi lainnya dengan lancar.

Penggunaan data di GBK didominasi oleh akses instant messaging, diikuti oleh akses pada aplikasi streaming dan media sosial. Layanan instant messaging yang paling banyak diminati adalah Whatsapp yang mencapai lebih dari 30%. Sementara untuk aplikasi streaming Youtube mencapai lebih dari 25% dan aplikasi sosial media Facebook mencapai 24% dan sisanya adalah aplikasi lainnya.

Animo masyarakat tidak saja terlihat di GBK, tetapi juga melalui aplikasi media streaming MAXstream yang disediakan Telkomsel. Dari aplikasi MAXstream yang menyajikan live streaming pertandingan Asian Games 2018, telah tercatat lebih dari 6.1 juta kali pelanggan Telkomsel mengakses pertandingan Asian Games 2018 secara live. Hal ini menunjukkan tingginya animo masyarakat yang tidak mau ketinggalan nonton pertandingan Asian Games di mana pun.

Ririn menambahkan Telkomsel telah menjamin kenyamanan layanan komunikasi seperti menelepon, SMS dan akses internet pelanggan terlayanani dengan baik. Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan produk dan layanan menarik di berbagai booth yang ada di zona festival Asian Games 2018 di GBK. Disini pelanggan juga dapat menukarkan POIN Telkomsel dengan berbagai merchandise menarik.

“Hadirnya jaringan prima Telkomsel di Asian Games 2018 ini direspon positif dengan tingginya animo masyarakat dalam menggunakan layanan Telkomsel. Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada semua pengunjung di gelaran Asian Games 2018 yang telah menggunakan jaringan Telkomsel. Kedepannya Kami berkomitmen akan selalu mengahdirkan layanan terbaik di setiap event-event, seperti Asian Games 2018 ini,” Ungkap Ririn. (Aas)