Pegulat Banten Fauzul Adim Aji Hakiki berlatih rutin di Sasana Gulat Banten, Kawasan Stadion MY, Ciceri, Kota Serang, beberapa waktu lalu. Adim, Aji, dan Desi akan tampil mewakili Indonesia pada Asian Wrestling Championship 2017 di Vietnam pada 22-26 November.

SERANG-Tiga pegulat Banten, yakni Desi Shinta (kelas 69 kilogram/gaya bebas putri), Aji Hakiki (kelas 65 kilogram/gaya bebas putra), dan Fauzul Adim (kelas 59 kilogram\gaya grego putra) dipanggil Pengurus Besar (PB) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) untuk bergabung ke pelatnas. Ketiganya dipanggil untuk memperkuat tim gulat Indonesia pada ajang Asian Wrestling Championship 2017 yang berlangsung di Vietnam, Rabu-Minggu (22-26/11).

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) PGSI Banten Hariyanto mengatakan, secara khusus pihaknya tidak menargetkan kepingan medali kepada ketiganya. Pengalaman dan jam terbang di pentas internasional menjadi target utama agar ketiganya mampu meningkatkan kualitas ke depan. “Tapi kan yang masang target PB, bukan kita (Pengprov-red). Bagi kami (pengprov-red) bukan medalinya, melainkan kematangan ketiganya pasca tampil di event internasional. Tapi kalau melihat kualitas ketiganya yang semakin menjanjikan, kami ikut optimistis Aji cs mampu mengharumkan Indonesia di ajang tersebut,” kata Hariyanto kepada Radar Banten, Rabu (22/11) sore.

Hariyanto menambahkan, dari 15 pegulat yang diboyong PB PGSI ke Vietnam, tiga pegulat Banten menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali. “Saya kira bukan PB mau membebani atlet kita di Vietnam, tapi karena PB menilai Desi, Aji, dan Adhim memiliki kans besar untuk meraih medali. Kita harus bangga dengan kepercayaan dan prestasi ini. Tidak mudah untuk menembus persaingan nasional. Tapi, atlet kita telah membuktikan kalau anak-anak Banten bisa,” tegasnya.

Pelatih Gulat Banten Susana Hasna Toha menyatakan, bila melihat kualitas pegulatnya yang secara intens menjalani latihan, pihaknya yakin ada medali yang mampu dipersembahkan di Vietnam nanti. “Insya Allah dari segi persiapan sudah matang dan mudah-mudahan pegulat Banten mampu mengibarkan Merah Putih di negara orang,” ucapnya.

Mengenai peluang ketiga pegulat Banten di Vietnam nanti, wanita yang akrab disapa Susan itu mengaku optimistis Desi cs mampu menuai prestasi. “Ini kan kejuaraan Asian, tentunya kualitas atlet yang ambil bagian tidak sembarangan. Tapi dengan persiapan yang telah kita lakukan, kita yakin ketiganya bisa berprestasi. Secara kualitas dan pengalaman juga cukup menjanjikan,” tutup mantan atlet gulat Banten itu. (Andre AP/RBG)