CILEGON – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon bekerjama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon mengenalkan varietas melon terbaru yang ditanam di Kota Cilegon yang disebut dapat bertahan dengan kondisi cuaca buruk yang sedang terjadi. Varietas melon hibrida tersebut bernama Alisha F1.

Menggandeng Disparbud, diharapkan lokasi pertanian melon yang berada di atas lahan milik Hotel dan Restauran Sari Kuring Indah (Ski) ini menjadi tempat wisata edukasi yang akan menjadi sorotan masyarakat untuk mengunjunginya.

Kepala DKPP Kota Cilegon Wawan Hermawan mengaku telah memutuskan kerjasama pembinaan melon jenis apolo dan berganti ke melon varietas Alisha F1. “Alisha FI tahan terhadap virus. Kita kasihan dengan para petani agar mereka jangan merugi. Supaya petani dapat terus dapat pendapatan,” katanya, Kamis (21/12).

Sementara itu, Plt Kabid Pariwisata pada Disparbud Kota Cilegon Neli Evalinda mengaku akan terus berupaya agar pertanian menjadi salah satu bagian dari desa wisata yang dimiliki Pemkot Cilegon. “Target kita untuk meningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Cilegon,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Sekda Kota Cilegon Sari Suryati berharap pertanian melon tersebut bukan hanya menjadi tempat kunjungan wisatawan namun juga dapat menyerap tenaga kerja di Kota Cilegon. “Agrowisata tidak perlu menggunakan lahan yang luas, karena Cilegon ini Kota industri. Tapi tetap kawasan industri juga tidak harus melupakan pertanian,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)