ASIPA Kota Serang Ikut Bangun Banten dari Segi UMKM

0
1.838 views

SERANG – Saat ini jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dikelola oleh Asosiasi Industri Kreatif dan Pelaku Usaha (ASIPA) Kota Serang terus meningkat setiap tahunnya. Hingga saat ini, sudah mencapai ratusan UMKM dalam naungan ASIPA Kota Serang.

Ketua ASIPA Kota Serang, Eka Maulana mengatakan, untuk jumlah UMKM dalam binaan ASIPA Banten kurang lebih mencapai 400 UKM. “Pelaku IKM maupun UKM yang ingin bergabung dengan ASIPA Kota Serang juga semakin banyak yang mendaftar,” katanya, Kamis (2/2).

Menurut dia, pelaku IKM maupun UKM yang bergabung menjadi anggota ASIPA Kota Serang akan mendapatkan pelatihan dan binaan dari pemerintah, karena ASIPA sendiri didirikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten.

“Semua UMKM akan terus diberikan binaan serta produknya dapat dipamerkan pada event atau acara besar Industri Kreatif dan UMKM,” ujarnya.

Selain itu, pelaku UMKM yang sering mendapat binaan atau pelatihan khusus adalah mereka yang baru mendaftar serta akan memulai usaha atau baru belajar membuat sebuah produk.

Pemerintah Provinsi Banten bekerja sama dengan beberapa pihak untuk dapat membantu memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM yang ada, agar produk dan kemasan lebih menarik dan sesuai dengan ketentuan, seperti adanya izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Ia menambahkan, dalam membantu mengenalkan serta menjual produk-produk para pelaku UMKM, pihaknya membangun sebuah toko souvenir yang banyak menampilkan hasil karya kreatif mereka.

“Saat ini Asipa Shop perkembangannya cukup pesat, untuk omzet per bulan naik sekitar 70 hingga 80 persen dari yang sebelumnya hanya 40 hingga 50 persen, dan juga banyak hasil kreatif untuk dijadikan souvenir khas Banten maupun makanan khas Banten. Saat ini ASIPA Kota Serang terus mengajak UKM-UKM lain untuk bisa mengembangkan usahanya, agar terus
tergali karya-karya kreatif yang dimiliki oleh masyarakat Banten,” ungkapnya.

“Kalau untuk UKM-UKM rumahan sudah banyak, sementara untuk UKM organisasi belum bisa kami ajak bergabung, karena masih banyak kendala,” ucapnya.

Kendati demikian, ia berharap, dengan adanya Asipa Shop tentunya akan terus menggiatkan UKM untuk memproduksi produk yang ada. Selain itu, dalam naungan Pemerintah Provinsi tentunya produk tersebut akan memiliki izin agar penjualannya semakin baik dan menarik.

“Mudah-mudahan ke depan akan semakin banyak UKM yang akan bergabung dan kami akan terus membantu mengembangkan para UKM yang ada khususnya di Kota Serang,” harapnya. (Wirda)