Pemain SSB Perkasa Kota Serang menjalani latihan rutin. Tim asuhan Halabi As'ad ini akan mengikuti seleksi tim Popda Kota Serang.

SERANG-Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Serang Kamis (5/4) sore ini akan memulai menggelar seleksi pemain di Stadion Maulana Yusuf (MY), Ciceri, Kota Serang. Seleksi yang rencananya akan dihelat hingga Minggu (8/4) nanti untuk mencari pemain pelajar terbaik yang akan bergabung dalam tim sepak bola Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kota Serang 2018.

Koordinator cabang olahraga (cabor) sepak bola, Askot PSSI Kota Serang, Yayat Dekriatna mengatakan, seleksi dibuka untuk umum dengan syarat pemain harus kelahiran tahun 2001-2002 atau maksimal kelas XI SMA sederajat.

“Siapa saja boleh ikut seleksi asalkan domisili sekolahnya di Kota Serang. Tapi batas maksimal pemain kelas XI SMA. Seandainya ada pemain kelahiran 2001 tapi dia sudah kelas XII SMA, si pemain otomatis tidak bisa ikut. Karena pemain yang akan tampil di popda nanti akan disleksi untuk persiapan menghadapi Popnas di Papua tahun 2019,” kata Yayat kepada Banten Raya, Rabu (4/4).

Yayat menambahkan, untuk menyeleksi pemain tersebut pihaknya telah menyiapkan tiga pelatih lokal. Tiga pelatih tersebut adalah Bambang Lesmana, Topan Firdaus, dan Yudi. “Tiga pelatih ini memiliki pengalaman dalam menyeleksi pemain kelompok umur pelajar. Seleksi akan dilaksanakan hingga empat hari ke depan. Karena itu kami berharap momentum ini dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya oleh para pemain. Kami berharap pemain menunjukkan skill terbaiknya saat mengikuti seleksi nanti. Supaya kami dapat menjaring pemain terbaik dari yang terbaik,” imbuhnya.

Ketua Umum Askot PSSI Kota Serang Zecka Bachdi menyatakan, optimistis cabor sepak bola dapat kembali menyumbangkan medali untuk kontingen Kota Serang. “Dua tahun lalu saat popda di Pandeglang, cabor sepak bola mampu menyumbangkan medali perak. Makanya kami berharap pemain yang akan diseleksi ini benar-benar menghasilkan pemain-pemain terbaik untuk tim Kota Serang, sehingga target meraih prestasi dapat tercapai. Minimalnya ya mempertahankan prestasi yang sudah ada,” ucapnya.

Akan tetapi, bila melihat kualitas pemain pelajar yang tersebar di SSB se-Kota Serang saat ini, ia optimistis cabor sepak bola bisa meraih hasil lebih baik dari popda sebelumnya. “Saya melihat penyebaran potensi ada di setmua SSB. Ini bagus untuk kami sehingga gampang menemukan pemain terbaik. Saya yakin akan ada peningkatan prestasi,” tandasnya. (dre/ibm/ags/RBG)