ASN di Era New Normal, Lebih Fleksibel dan Dinamis

0
2.171 views
ASN yang mengenakan pakaian batik mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan di Kota Cilegon, Kamis (28/5). Hal tersebut dilakukan saat masih dalam jam kerja antara rentang waktu pukul 13.00-15.00 WIB.

SERANG – Kerja aparatur sipil negara (ASN) akan mengikuti tatanan hidup baru (new normal) yang tengah disiapkan pemerintah. Secara rinci, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menerbitkan surat edaran protokol kerja bagi ASN menghadapi new normal.

Informasi yang dihimpun Radar Banten, ada beberapa prinsip kenormalan baru di lingkungan ASN. Antara lain, akan ada fleksibilitas pengaturan sistem kerja pegawai ASN. Terutama dalam hal jam kerja dan lokasi bekerja, dan fleksibilitas jumlah pekerjaan. Tentunya dengan memperhatikan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang efektif.

Momentum new normal ini juga bisa menjadi percepatan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Ada beberapa aplikasi yang perlu disiapkan yaitu layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik seperti aplikasi e-office, aplikasi perencanaan.

Kemudian, aplikasi komunikasi dan kolaborasi melalui video web conference atau email. Selain itu, aplikasi pendukung seperti penyimpanan melalui cloud storage.

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kondisi new normal menciptakan cara kerja baru dalam penyelenggaraan pemerintah yaitu bekerja secara fleksibel, dinamis dan kolaboratif. Namun perlu diikuti dengan perbaikan sistem keamanan informasi pemerintah, dan mendorong penggunaan tanda tangan elektronik. Selain itu, perlu ada protokol khusus yang berkaitan dengan pemanfaatan ruang kerja, ruang rapat, dan penggunaan gedung serta ruang pelayanan.

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, Pemkot Serang akan mengikuti langkah-langkah kebijakan pusat termasuk penerapan new normal. Penerapan new normal  tidak hanya diberlakukan di lingkungan pemerintahan melainkan pihak swasta dan masyarakat. “Soal teknisnya nanti kita bahas bersama baik di lingkungan pegawai pemkot Serang, perusahaan dan masyarakat,” ujarnya saat berbincang dengan Radar Banten, Kamis (28/5).

Kata Syafrudin, penerapan new normal adalah semua pihak terlibat menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas kesehatan. “Paling nanti ada perubahan di internal kepegawaian sistem bagaimana nanti dibahas. Iya ada aturannya dari pusat,” terangnya.

Dalam waktu dekat akan merumuskan dan membahas terkait pelaksanaan new normal yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. “Besok (hari ini-red) ada pertemuan dengan asosiasi perusahaan ritel dan Forkopimda,” katanya.

Terpisah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, para ASN akan kembali bekerja normal dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker, dan disediakan fasilitas cuci tangan. “Termasuk di ruangan harus berjarak, rapat juga berjarak dua meter,” katanya.

Ia meminta ASN untuk tidak berkerumun di tempat mana pun. Menurut dia, para ASN harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan protokol kesehatan Covid-19. “Mau tidak mau kita harus beradaptasi dengan kondisi yang tidak normal saat ini,” ucapnya. (fdr-jek/alt)