ASN Keluhkan Jadwal Pemeriksaan Kendaraan Dinas

SERANG – Ratusan kendaraan operasional Pemerintah Kota (Pemkot) Serang diperiksa oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Banten dan Inspektorat Pemkot Serang. Pemeriksaan dilakukan serentak di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Sehingga mengakibatkan kemacetan di Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Serang, Selasa (11/4). Selain itu para pegawai Pemkot Serang juga mengeluhkan waktu pemeriksaan. Tak pelak sejumlah pelayanan di masing-masing dinas terganggu.

“Tadi mulainya jam delapanan. Tapi sampai sekarang kendaraan yang saya bawa belum diperiksa. Ini kan jadinya mengganggu,” ujar salah seorang pegawai yang enggan disebutkan namanya.

Ia mengatakan, pemeriksaan kendaraan seharusnya dilakukan sesuai jadwal sehingga tidak mengakibatkan penumpukan dan mengganggu pelayanan pada masyarakat. “Saya dari tadi diteleponin terus. Kan keganggu. Coba kalau dijadwal seperti yang dilakukan Pemkab Serang,” katanya.

Keluhan serupa dikatakan pegawai lainnya, pemeriksaan dengan metode serentak dinilainya tidak efektif dan mengganggu pelayanan. Seharusnya, disesuaikan dengan masa kerja atau seminggu. “Ada sekitar 32 OPD. Kan bisa dibuat seminggu,” katanya.

Pantauan Radar Banten Online di lokasi, ratusan kendaraan dinas berjenis mobil mini bus, motor dan lainnya memenuhi tempat parkir dan jalan yang ada di depan Puspemkot. Terlihat, para pegawai yang menunggu antrean pemeriksaan dari BPKP dan Inspektorat.

Sementara itu, Walikota Serang dan Kepala Dinas sedang menggelar rapat evaluasi di Aula Setda sehingga tidak bisa memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan yang tengah meliput giat pemeriksaan tersebut. (Ade Faturohman/adesulhan@gmail.com)