ASN Lebak Dituntut Jadi Teladan Bagi Lingkungan

0
117 views
Sekda Pemkab Lebak Dede Jaelani bersalaman dengan pejabat fungsional Pemkab Lebak yang baru dilantik di aula Multatuli Pemkab Lebak, kemarin. Foto Humas Pemkab Lebak For Radar Banten.

RANGKASBITUNG – Sekda Pemkab Lebak Dede Jaelani meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjadi motor penggerak perubahan ke arah yang lebih baik serta menjadi teladan bagi lingkungan. Kata dia, citra positif yang terbangun itu tidak hanya untuk organisasi, tetapi juga untuk pribadi ASN itu sendiri. 

“Ya, menjadi PNS di masa sekarang ini harus memiliki kemampuan untuk belajar dan mengembangkan diri, serta tanggap terhadap tuntutan masyarakat,” kata Dede usai melantik dan mengambil sumpah jabatan 286 pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Lebak, Rabu (7/8).

Dede berharap, agar segenap jajaran pegawai di lingkungan Pemkab Lebak terus membangun kekompakan dan silaturahim dengan semua kalangan tanpa membedakan latar belakang suku, agama dan ras. “Harus kompak dalam setiap memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Dede menegaskan bahwa setiap ASN merupakan pelayan yang harus mampu memfasilitasi orang yang dilayaninya. Untuk itu, dia mengajak ASN untuk bersama-sama bergerak cepat serta menyukseskan visi pemerintah di sektor wisata guna meningkatkan perekonomian masyarakat yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya ingatkan bahwa kita adalah pelayan yang mempunyai konsekuensi. Jadi jangan berharap untuk dilayani,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Lebak Agus Nugraha mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah ini merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 dan Peraturan Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2017,  yang isinya mewajibkan kepada mereka untuk diangkat dalam jabatan fungsional.

“Kami berharap kepada pejabat fungsional yang dilantik dan diambil sumpahnya hari ini, dapat bekerja maksimal dalam melayani masyarakat,” katanya.

Agus menerangkan, dari 286 pejabat fungsional yang dilantik dan diambil sumpah jabatan itu, sebanyak 238 orang bidan, sebanyak 31 orang penyuluh pertanian, 2 orang fungsional guru dan sebanyak 15 orang penilik.

“Tidak semua orang memperoleh kesempatan menjadi ASN. Karenanya ASN yang dilantik dapat bersyukur serta mampu mewujudkan dalam bentuk semangat dan kinerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan, agar kualitas kinerja ASN di Kabupaten Lebak semakin meningkat,” katanya. (nce/zis)