Asri, Konsep Bumi Waringin Asri

ANYAR – Asri dan pemanfaatan sampah. Konsep ini akan diterapkan warga RW 05, Perumahan Bumi Waringin Asri. Warga dan pengurus lingkungan di kompleks perumahan di Jalan Jaha ini didaulat untuk mewakili Desa Mekarsari, Kecamatan Anyar, pada Kampung Bersih dan Aman 2019 tingkat Kabupaten Serang. Sekaligus, memenangkannya.

Hal itu dikatakan Ketua RW 05, Perumahan Bumi Waringin Asri, Aan Raya. Menurutnya, warga RW 05 menyambut antusias perlombaan kebersihan dan keamanan kampung tersebut. Bahkan, warga RT 04 RW 05, Perumahan Bumi Waringin Asri mulai berbenah. Warga melakukan penghijauan dengan menata tanaman hias dan menempatkan pot-pot bunga di depan rumah masing-masing. Warga berusaha menciptakan lingkungannya asri, bersih, dan indah.

“Warga di lingkungan RT 04 RW 05 melakukan bersih-bersih rumah mereka dan menata lingkungan mereka agar terlihat asri dan menciptakan lingkungan yang sehat,” ujar Aan kepada Radar Banten, Rabu (21/8).

Aan mengatakan, tidak hanya konsep asri yang menjadi strategi warga RW 05, Perumahan Bumi Waringin Asri. Warga juga menerapkan program pemanfaatan sampah. Sampah disulap menjadi barang bernilai ekonomis melalui bank sampah. Caranya, dengan memilah sampah organik dan nonorganik, kemudian ditempatkan di tong sampah di setiap rumah warga. Sampah yang bisa didaur ulang menjadi barang bernilai ekonomis, dijual.

“Dana hasil penjualan sampah, nantinya akan digunakan warga untuk menata lingkungan mereka agar asri dan nyaman,” ungkap Aan seraya mengatakan, untuk menciptakan lingkungan tetap bersih dan nyaman, warga akan digalakkan untuk bergotong royong rutin. Satu kali dalam sepekan.

Untuk kemanan, tambah Aan, warga RT 04 RW 05, Perumahan Bumi Waringin Asri, akan melibatkan tenaga sekuriti perumahan untuk menjaga suasana kondusif lingkungan. Serta, menggiatkan ronda malam. Setiap warga kebagian jatah ronda malam satu hari dalam sepekan.

“Kita juga akan selalu berkoordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kecamatan Anyar,” tambahnya.

Yuli, warga RT 04 RW 05, Perumahan Bumi Waringin Asri, menyambut positif Kampung Bersih dan Aman. “Menciptakan lingkungan bersih dan aman, menjadi tantangan ibu rumah tangga untuk selalu membersihkan rumah dan lingkungannya, agar selalu bersih dan sehat,” katanya. (jay/ang/don/ags)