Astaga! Masih Ada Penipuan Mirip Dimas Kanjeng

0
2.158 views
Djarwo, tersangka kasus penipuan. Foto:Pojokpitu

KASUS penipuan mirip Dimas Kanjeng Taat Pribadi dengan modus gaib masih saja terjadi.

Seperti yang dilakukan Djarwo, kuli bangunan warga Jalan Lidah Wetan Surabaya ini.

Dia sesumbar bisa mendatangkan emas secara gaib.

Dengan memanfaakan kedekatan dengan korban, pria berumur 39 tahun ini bisa dengan leluasa meyakinkan Anang Susanto (38) bahwa dia memiliki kekuatan gaib yang mampu mengeluarkan emas dari perut bumi.

Dalam melancarkan aksi penipuannya ini, tersangka meminta kepada korban uang senilai Rp 22,3 juta sebagai mahar untuk membeli minyak serta biaya ritual penarikan emas.

Tak ada rasa curiga sedikit pun korban terhadap tersangka, karena kedua orang ini merupakan sahabat baik yang sudah lama saling kenal.

“Namun, setelah satu bulan emas yang dijanjikan tak kunjung diberikan, korban kemudian curiga sahabat baiknya ini telah menipunya dan langsung melaporkan aksi penipuan ini kepada Polsek Sukomanunggal,” ujar Iptu Misdianto, Kanitreskrim Polsek Sukomanunggal, dilansir JPNN.com.

Kepada polisi, tersangka yang tidak memiliki kekuatan gaib ini mengaku terpaksa menipu temannya sendiri karena terdesak kebutuhan hidup dan utang kepada rentenir.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga ikut menyita beberapa barang bukti hasil kejahatan, yaitu nota pembelian barang ritual, serta uang hasil penipuan sebesar Rp 950 ribu, yang belum terpakai.

“Karena perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan, dengan ancaman hukuman lima tahun kurungan penjara,” pungkasnya. (end/jpnn)