Astaga.. Ratusan Perusahaan di Kota Serang Tidak Patuhi Perda Ketenagakerjaan

Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kota Serang Elly Muflihah
Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kota Serang Elly Muflihah

SERANG – Tidak melaporkan lowongan kerja di perusahaan ke Disnakertrans, ratusan perusahaan di Kota Serang tidak patuhi peraturan daerah (Perda) Kota Serang Nomor 6 tahun 2013 tentang ketenagakerjaan, dalam hal perekrutan tenaga kerja.

“Dari sekitar 600 perusahaan yang ada di Kota Serang, hampir semua perusahaan tidak ada yang melaporkan lowongan kerjanya kepada kami,” ungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kota Serang Elly Muflihah, Senin (29/2/2016).

Elly menjelaskan, paling yang menginformasikan perusahaan yang membutuhkan sales, butuh dan menempelka pengumuman informasinya di kantor Disnakertrans. “Kalau perusahaan besar tidak ada yang melapor, padahal ada perda Nomor 6 tahun 2013 tentang ketenagakerjaan, bahwa perusahaan wajib laporkan kebutuhan tenaga kerjanya,” kata Elly.

Kendati demikian, lanjut Elly, pihaknya juga terus mensosialiasikan ketentuan Perda tersebut pada perusahaan, agar mereka menjalankan. “Memang tidak ada sanksi untuk perusahaan yang tidak melaporkan, jadi hanya berupa teguran saja. Namun seharusnya perusahaan tetap melaporkan, itu untuk data tenaga kerja, kalau tidak melaporkan kami juga jadi tidak tahu jumlah tenaga kerja di perusahaan,” katanya.

Untuk itu, kata Elly, pihaknya mencoba membuat sistem online, pihaknya akan menyosialisasi ke perusahaan bahwa harus melaporkan lowongan kerjanya ke Disnakertrans. “Dengan sistem online itu nanti perusahaan dapat memasang informasinya di website Disnakertrans. Sekarang sudah ada websitenya tapi baru untuk internal,” tandasnya. (Fauzan Dardiri)