ASTRA Infra Siagakan Layanan Lebaran 2020

Gerbang Tol Cikupa, Kabupaten Tangerang. ASTRA Infra siap memberikan pelayanan kepada pengguna jalan tol jelang Lebaran 2020 meskipun di tengah pandemi Covid-19.

SERANG – ASTRA Infra, kelompok usaha ASTRA yang berkontribusi sepanjang 350 km infrastruktur jalan tol, menunjukan komitmennya dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jalan tol jelang Lebaran 2020 meskipun di tengah pandemi Covid-19.

CEO Toll Road Business Group ASTRA Infra Krist Ade Sudiyono mengatakan, Astra Infra siagakan Layanan Silaturahmi Lebaran 2020, dengan kampanye Beri Aman Bersama Jaga Diri – Tingkatkan Iman. Layanan Lebaran tahun ini adalah layanan tidak mudik dan tidak piknik, dan kita ganti dengan layanan Lebaran Silaturahmi Beri Aman.

“ASTRA Infra tetap siaga melayani pengguna jalan tol tentunya dengan penerapan protokol pencegahan dan penanganan Covid-19 yang ketat,” katanya, Jumat (15/5).

Ia menambahkan, moda transportasi pengangkut logistik memang diprediksi menurun semakin mendekati Lebaran. Namun moda transportasi yang melayani mobilisasi orang dengan kepentingan tertentu, selain mudik, diprediksi akan meningkat.  “Arus mudik dan balik Lebaran bukan fenomena lebaran tahun ini. Yang akan terjadi adalah arus silaturahmi lokal,” katanya.

Ia mengungkapkan, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya lonjakan arus silaturahmi lebaran 2020, enam ruas jalan tol ASTRA Infra yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo, Jombang-Mojokerto, Surabaya-Mojokerto dan Kunciran-Serpong siap dengan berbagai layanan operasional.

“Fasilitas pendukung layanan dan berbagai pusat diseminasi informasi dengan tetap menjalankan kebijakan, prosedur, maupun mekanisme mitigasi, pencegahan, penanganan Covid-19,” katanya.

Menurutnya, layanan operasional yang disiapkan dimulai dari layanan transaki di gerbang tol, kesiagaan kendaraan pelayanan lalu lintas seperti derek, patroli dan petugas yang dilengkapi dengan perlengkapan sesuai protokol Covid 19 serta penyediaan ambulan khusus untuk penanganan kasus Covid-19.

Untuk fasilitas pendukung, antara lain, optimalisasi monitoring 24 jam melalui surveillance dan kamera CCTV di berbagai area, Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) dengan berbagai fasilitasnya yang tetap buka, peningkatan layanan mitigasi Covid-19 seperti ruang observasi sementara, posko kesehatan di TIP dengan bekerja sama dengan dinas kesehatan atau pun rumah sakit daerah.

Beberapa penerapan protokol Covid19 yang diberlakukan di TIP yaitu penerapan physical distancing, memperbanyak fasilitas cuci tangan, pengecekan suhu tubuh serta penggunaan masker. Optimalisasi sosialisasi pencegahan Covid-19 pun dilakukan melalui media VMS, media sosial dan spanduk di setiap rest area agar pengguna jalan tetap waspada.

Ia mengimbau, masyarakat agar dapat mematuhi arahan pemerintah untuk physical distancing, tidak mudik, tidak piknik serta menjaga kesehatan dan kebersihan, bagi pengguna jalan tol agar memastikan kecukupan saldo kartu e-toll sebelum masuk tol.

“Kami siap melayani silaturahmi masyarakat dengan tetap memberi rasa aman. Itulah sebabnya layanan Lebaran tahun ini adalah layanan Silaturahmi Beri Aman: Bersama Jaga Diri – Tingkatkan Iman” katanya. (Susi K)