GAME berbasis augmented reality yang mengundang kontroversi, Pokemon Go, akhirnya resmi menyapa Indonesia. Game buatan John Hanke itu dirilis di Indonesia, Sabtu (6/8), atau tepat sebulan setelah Pokemon Go dirilis di Amerika Serikat dan Australia.

Game tersebut bisa diunduh lewat Google Play atau App Store, tanpa harus mengunduh file APK atau mengubah ID negara. Dirilisnya Pokemon Go di Indonesia memberikan keuntungan tersendiri bagi para pemain. Misalnya untuk update. Pada Kamis (4/8) Niantic merilis versi terbaru Pokemon Go, yakni versi 0.31.0.

Sebelumnya, pemain harus mengunduh ulang file APK untuk mendapat versi terbaru. Namun, dengan tersedianya Pokemon Go di Google Play atau App Store, pemain cukup menekan pilihan update.

Dilansir dari JPNN.com, tidak ada perbedaan mencolok antara game Pokemon Go yang diunduh dalam bentuk APK dan yang diunduh lewat Google Play serta App Store. Yang pasti, Pokemon Go yang diunduh adalah versi terbaru. Di versi itu, fitur jejak langkah Pokemon dihapus karena sering membingungkan para pemain saat berburu para monster imut itu.

Cara bermainnya sama dengan Pokemon Go yang sudah dirilis di berbagai negara sebelumnya. Para pemain harus berjalan untuk mencari 151 jenis Pokemon yang tersebar di peta GPS. Sejumlah tempat atau landmark pun menjadi PokeStop, tempat para player bisa memperoleh item yang dapat membantu dalam penangkapan Pokemon. Player pun bisa bertarung atau berlatih di gym yang merupakan tempat atau landmark di sebuah lokasi.

Selain Indonesia, ada 14 negara lagi yang sudah bisa mengunduh Pokemon Go secara resmi kemarin (6/8). Antara lain, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Juga Taiwan, Papua Nugini, Fiji, Kepulauan Solomon, Micronesia, dan Palau.

”Para pemain di 15 negara itu sudah bisa menikmati sensasi menangkap Pokemon. Selamat bermain,” ujar perwakilan Niantic lewat laman resminya. Belum ada informasi lebih lanjut dari Niantic tentang ekspansi selanjutnya.

Pihak Niantic pun tak henti-henti mengingatkan keamanan pemain. Dalam Pokemon Go versi terbaru, sebelum memulai atau melanjutkan permainan, akan ada peringatan dari Niantic. Tulisan di kotak hijau itu berbunyi, ”Jangan mengemudi sambil bermain,” atau, ”Ingatlah untuk selalu waspada dengan sekitar Anda.” (len/c11/ayi/JPNN)