Atasi Antrean Kendaraan, Ini yang Dilakukan ASDP dan Polisi

Suasana antrean kendaraan di tol Merak
Ilustrasi. Suasana antrean kendaraan di tol Merak

MERAK – General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Yanus Lentanga memprediksi antrean lalu lintas kendaraan akan terus berlangsung selama sepekan ke depan hingga pergantian tahun, mengingat tahun baru akan terjadi sebelum akhir pekan.

“Rata. Kondisi seperti ini bisa berlangsung sampai dengan minggu depan karena pada minggu depan jatuhnya itu tahun baru, ditambah 2-3 Januari itu akhir pekan. Jadi kemungkinan, arus balik kendaraan yang akan terjadi,” ujarnya kepada Radar Banten Online, Kamis (24/12/2015).

Untuk meminimalisir terjadinya antrean yang berkepanjangan di jalur darat, kata dia, pihaknya juga mengoperasikan penuh kapal-kapal di lima dermaga pelabuhan Merak. “Pola yang kita lakukan mirip dengan Lebaran. Untuk menekan antrean kendaraan itu kita juga mempercepat proses pelayanan (kendaraan) di tol gate dan mempersingkat waktu sandar kapal. Datang, muat, penuh, berangkat,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Rudi Antariksa, mengatakan pihaknya memberlakukan rekayasa lalu lintas dalam menanggulangi peningkatan arus kendaraan menuju pelabuhan Merak tersebut. “Jadi, semua kendaraan yang datang dari arah Jakarta dan mau menyeberang, kita lewatkan Cikuasa atas. Kemudian kendaraan dari arah Bakauheni, kita arahkan ke Cikuasa bawah, sebelum akhirnya belok kiri menuju pintu tol Merak. Alhamdulillah, walaupun padat tapi tetap berjalan lancar,” ujarnya. (Devi Krisna)