Atasi Pengangguran di Cilegon, Helldy Kumpulkan HRD Perusahaan

0
2644
Walikota Cilegon Helldy Agustian berbicara di depan perwakilan human resource development (HRD) perusahaan di kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon, Jumat (9/4).

CILEGON – Walikota Cilegon Helldy Agustian mengumpulkan sejumlah human resource development (HRD) perusahaan di kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon, Jumat (9/4).

Walikota Cilegon Helldy Agustian menjelaskan, pertemuan itu merupakan langkah awal dalam menyelesaikan persoalan pengangguran.

Pada pertemuan pertama itu sebanyak 50 perusahaan diundang. Setelah dibentuk forum akan ada pertemuan lanjutan untuk membahas formula magang. “Kita akan coba bikin seperti apa,” ujar Helldy.

Pada program magang, Helldy belum bisa memastikan jumlah tenaga kerja yang akan terserap setelah mengikuti program magang.

Helldy mengakui jika industri tidak bisa diandalkan sepenuhnya untuk menyelesaikan persoalan pengangguran. Karena itu ia akan ikut mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar bisa menyerap tenaga kerja.

Namun, agar industri-industri yang ada di Kota Cilegon diminta untuk memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM. Misalnya dengan membeli produknya.

Sekretaris Forum HRD Ahmad Nasrullah menjelaskan, secara prinsip industri siap bekerja sama dan berkoordinasi dengan pemerintah dalam menyikapi persoalan pengangguran. Namun jika jumlah peserta magang harus dipukul rata, menurut Nasrullah, tidak bisa karena kapasitas perusahaan berbeda-beda.

“Bicara tentang kapasitas setiap perusahaan tidak bisa disamakan. Nanti akan dibahas lagi sehingga program magang bisa diterapkan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas industri,” ujar Nasrullah. (Bayu Mulyana)