Atlet Gulat Banten Kumandangkan Indonesia Raya di Thailand

Pegulat Junior Banten Rizky Aditya (tengah) sukses merengkuh medali emas pada Wrestling Junior Championship Asian 2017 di Bangkok, Thailand, Kamis (6/4) sore. Foto: PGSI BANTEN FOR RADAR BANTEN

SERANG – Patriot olahraga Banten terus menunjukkan prestasi terbaiknya baik di level nasional maupun internasional. Teranyar atlet gulat junior Banten, Rizky Aditya, mampu mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera merah putih di Nakhon Ratchasima Stadium, Bangkok, Thailand, Kamis (6/4) sore.

Lagu Indonesia Raya dikumandangkan usai Rizky sukses merengkuh medali emas pada babak final Wrestling Junior Championship Asian 2017 di kelas 74 kilogram gaya bebas. Medali emas diraih Rizky usai mengandaskan perlawanan pegulat Filipina di babak final Sengan dengan skor 7-6.

Pelatih Gulat Junior Banten Susana Hasna Toha yang mendampingi atlet di Bangkok, Thailand, saat dihubungi Radar Banten mengaku bersyukur atlet Banten mampu membayar kepercayaan yang diamanahkan Pengurus Besar (PB) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) dengan mempersembahkan medali emas.

“Alhamdulillah, saya sampai merinding mendengarkan nama atlet Banten dielu-elukan di Thailand. Bahkan saya sampai tidak sadar air mata menetes ketika Lagu Indonesia Raya dinyanyikan di Nakhon Ratchasima Stadium karena prestasi atlet Banten. Situasi di sini (Thailand) tidak bisa saya gambarkan dengan kata-kata. Kami semua bersukacita lantaran tim gulat Indonesia mampu meraih medali emas,” kata pelatih gulat nasional yang akrab disapa Susan dengan terbata-bata kepada Radar Banten, Kamis (6/4).

Pada Wrestling Junior Championship Asian 2017, Indonesia menerjunkan 12 pegulat. Dari 12 pegulat, sepuluh pegulat lainnya sudah tampil dan Indonesia sementara sukses meraih enam keping medali, yakni satu emas, dua perak, dan tiga perunggu.

“Satu-satunya emas Indonesia dipersembahkan atlet Banten. Medali untuk Indonesia masih bisa bertambah lantaran dua atlet Indonesia lainnya baru akan tampil besok (hari ini-red). Salah satunya adalah atlet Banten, yakni Fauzul Azim (kelas 50 kilogram gaya grego). Mudah-mudahan Fauzul Azim mampu mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia dan Banten. Mohon doanya,” tuturnya.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) PGSI Banten Hariyanto menyatakan, capaian Rizky di ajang internasional merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa bagi dunia gulat Banten khususnya.

“Mereka inilah yang akan menjadi atlet andalan kami untuk masa yang akan datang. Kita berharap Fauzul Azim yang akan tampil besok (hari ini-red) mampu mengikuti jejak Rizky sehingga pegulat Banten disegani di Indonesia,” ucapnya ditemui di Sasana Gulat Banten, Kawasan Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang.

Dengan prestasi yang diraih pegulat Banten di event internasional tersebut, ia berharap Rizky dan Fauzul Azim mendapat kepercayaan kembali tampil di event internasional lainnya, yakni Asean School Games 2018 di Singapura. “Event internasional sangat baik untuk perkembangan kualitas atlet. Semoga saja Rizky dan Fauzul Azim diberi kepercayaan lebih banyak lagi tampil di event internasional. Ini aset Banten untuk PON XX Papua 2020,” tandas Hariyanto. (Andre Adisas Putra/Radar Banten)