Atlet Hockey Banten TC ke Luar Negeri

SERANG – Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Hockey Indonesia (FHI) Banten berniat menggelar training center (TC) ke luar negeri. TC itu khusus untuk para atlet yang bersiap menyambut PON Papua 2020.

Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov FHI Banten Pepep Muhammad Syafei mengatakan, Australia menjadi sasaran TC untuk menempa kemampuan bertanding atletnya. Australia diakui punya pelatihan mumpuni di cabang olahraga (cabor) hockey.

“Biasanya kita keluar Banten untuk TC PON. Pada 2015 lalu saat menyambut PON Jabar, hockey Banten TC ke Malaysia. Tahun ini inginnya bisa memberangkatkan atlet TC ke Australia,” kata Pepep, Selasa (7/1).

Dijelaskan Pepep, keberangkatan atlet hockey Banten untuk menjalani program TC direncanakan berlangsung tiga bulan jelang PON Papua 2020 berlangsung. Sementara diketahui, PON 2020 diagendakan dihelat Oktober hingga November mendatang.

“Yang sudah-sudah biasanya tiga bulan sebelum PON dimulai, baru TC kita lakukan. Untuk dana, kami tidak sepenuhnya mengandalkan dari KONI Banten, bisa secara mandiri kita kumpulkan,” jelas Pepep.

Diketahui, FHI Banten menyegel tiket ke PON Papua 2020 dari nomor hockey indoor putra setelah menaklukkan tim asal Jawa Timur dngan skor 3-2. Pada Pra PON 2019, hockey Banten merebut medali perunggu.

“Untuk ke PON 2020 nanti, kita hanya mempersiapkan tim putra. Karena itu yang lolos sesuai persyaratan KONI Banten. Untuk tim putri, kita hanya tembus kuota PB di urutan lima besar,” ungkap Pepep.

Pelatih hockey Banten Mohammad Apip mendukung rencana TC keluar negeri. Apip berharap, melalui program TC tersebut, atlet hockey Banten bisa meningkatkan prestasinya di PON Papua 2020 nanti. “Kita ingin yang terbaik untuk perkembangan atlet. Semoga nantinya atlet juga bisa mempersembahkan prestasi yang terbaik dan mengharumkan nama Banten di Papua,” kata Apip. (rbs/nda/ira)