Atlet putri tarung derajat Cilegon Chika Yechia Cahya (sudut hitam) mengalahkan Ria Apriani, atlet Kabupaten Tangerang selaku tuan rumah.

TANGERANG – Atlet tarung derajat Kota Cilegon membuktikan kualitasnya pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018. Pada babak final yang telah berlangsung di aula Diklat Kirti Bakti Curug, Kabupaten Tangerang, kontingen Kota Cilegon mengumpulkan satu keping medali emas, satu perak, dan satu perunggu.

Raihan medali emas tersebut disumbangkan oleh Chika Yechia Cahya yang sukses mengalahkan Ria Apriani, atlet Kabupaten Tangerang selaku tuan rumah. Chika dan Ria berada pada kelas putri 54,1 -58 kilogram.

Sementara, medali perak dipersembahkan oleh oleh Syahril Kirom pada kelas putra 61,1-64 kilogram. Kemudian medali perunggu diraih oleh Mangaraja pada kelas 49,1-52 kilogram.

Manajer Pengurus Cabang (Pengcab) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kota Cilegon Iwan Helmi mengapresiasi atas hasil yang telah dicapai oleh para atletnya. Ia mengakui seluruh atlet tarung derajat Kota Cilegon yang menjalani pertandingan telah berupaya dengan maksimal.

“Di kelas petarung, Kodrat Cilegon sudah mengumpulkan satu emas, satu perak, dan satu perunggu. Ini pencapaian yang cukup memuaskan bagi kita karena seluruh lawan yang dihadapi pada Porprov V Banten ini sama kuat,” ujarnya saat dihubungi Radar Banten melalui telepon selular, Minggu (4/11).

Iwan mengatakan untuk menambah medali emas, para atletnya masih mempunyai harapan dari kelas seni gerak. Kepada masyarakat, pemerintah, dan KONI Kota Cilegon Iwan meminta doa agar atlet tarung derajat Cilegon meraih prestasi terbaik. “Seni gerak sudah ditampilkan, tapi hasilnya belum diketahui. Kita punya kans di sana (seni gerak). Atlet selama ini telah menjalani latihan dengan matang,” katanya.

Sementara itu, Chika mengaku bersyukur bisa mempersembahkan medali emas untuk Kota Cilegon. Menghadapi atlet tuan rumah bukan perkara mudah. “Bersyukur bisa mendapatkan medali emas. Latihan yang panjang selama ini membuahkan hasil,” tuturnya. (rbs/ibm/dwi)