Atlet skateboard Banten, Fachrell Ardhaffa Putra saat menjalani latihan rutin jelang mengikuti Seleknas Asian Games 2018 di  BSD Xtreme Park. Foto Dok Pengprov Porserosi Banten

SERANG-Kabar gembira menghampiri Pengprov Porserosi Banten jelang berlangsungnya perhelatan multi even olahraga empat tahunan negara-negara Asia, yakni Asian Games 2018. Itu setelah dipanggil satu atlet skateboard Banten, Fachrell Ardhaffa Putra untuk mengikuti seleksi nasional (seleknas) menuju pemusatan pelatihan nasional (pelatnas) Asian Games 2018.

Ketua Pengprov Porserosi Banten, Ramang Agus mengatakan, sejauh ini pihaknya belum memasukkan nama Fachrell Ardhaffa Putra sebagai atlet Banten yang masuk dalam Pelatda Jangka Panjang (PJP) KONI Banten lantaran sang atlet masih akan menjalani Seleknas Pelatnas. “Nanti lah, setelah ada hasil resmi keluar dario PB Porserosi. Kalau terpilih membela Indonesia di Asian Games, kami akan lapor ke KONI Banten sekaligus untuk mengajukan masuk dalam program PJP,” kata Ramang kepada Radar Banten, Rabu (11/4).

Ramang menambahkan, pihanya sangat bersyukur salah satu atlet skateboard Banten dipanggil mengikuti seleknas. “Jujur saja, pembinaan skateboard di Banten belum begiru tersentuh. Kami ini pengurus baru yang masih butuh waktu untuk menginventarisir nomor-nomor yang ada dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga untuk dikembangkan. Tapi dengan adanya atlet Banten dipanggil ikut seleknas, berarti membuktikan kiita punya potensi. Kami akan percepat proses inventarisir atlet, bukan saja skateboard tapi juga slalom speed,” imbuhnya.

Kabid Pembinaan dan Prestasi Pengprov Porserosi Banten Henky Hendrayana Surya mengamini pernyataan Ramang yang menyebut status Fachrell masih menunggu hasil dari uji coba di Amerika Serikat, 15 April ini. “Fachrell akan berangkat bersama dengan tujuh atlet lainnya berlatih dan berujicoba di Los Angeles, Amerika Serikat,” kata dia.

Fachrell dan tujuh atlet lainnya akan berlatih selama 40 hari dan menghadapi ujicoba dengan atlet-atlet lokal disana. Setelah dari Amerika Serikat, mereka akan dikurangi oleh pelatih sehingga jumlahnya hanya tersisa empat orang saja. “Sejauh ini Fachrell peluangnya fifty-fifty (50-50 persen-red). Hasil selama di Amerika akan jadi penentunya dan kami berharap dia bisa tembus untuk Asian Games,” beber Henky yang juga Kepala Bidang Pembinaan Teknis dan Peningkatan Prestasi Pengurus Besar (PB) Porserosi.

Harapan agar atlet Banten menembus Asian Games, dikemukakan Henky, agar kedepan pengembangan skateboard di Banten bisa lebih baik lagi karena memiliki contoh atlet pada diri Fachrell. “Olahraga sepatu roda dan skateboard di Banten saya yakin akan berkembang pesat. Karena fasilitas yang ada cukup mumpuni, skateboard kita punya di BSD Xtreme Park. Sebentar lagi Banten punya sarana lintasan sepaturoda di BSD City juga,” pungkas Henky. (dre/ibm/ags/RBG)