Atlet Ski Air Banten Jadi Andalan Indonesia di Kejuaraan Asia        

Atlet ski air Banten Rossi Amir berlatih di Danau Sunter, DKI Jakarta, Selasa (20/2). Foto : TIM SKI AIR BANTEN

SERANG – Atlet ski air andalan Banten dan Indonesia, Rossi Amir, secara intens menjalani pemusatan pelatihan di Danau Sunter, DKI Jakarta. Rossi kembali menjadi andalan tim ski air Indonesia untuk menghadapi single event Kejuaraan Ski Air Asia 2018 yang akan berlangsung di Thailand, medio Juni nanti.

Saat ini, pelaksanaan latihan memasuki masa tansisi dari persiapan khusus ke pematangan. Rossi yang merupakan peraih medali emas SEA Games Singapura 2015 dan medali perak pada SEA Games Malaysia 2017 menjadi harapan tim ski air Indonesia untuk mendulang medali emas.

Pada Kejuaraan Ski Air Asia nanti, Rossi akan turun di dua nomor, yakni nomor jumping dan overall. Rossi ditargetkan meraih medali emas di nomor jumping yang merupakan spesialisasinya.

Kepala Pelatih Ski Air Indonesia Rusdi Amir mengatakan, performa Rossi terus menunjukkan peningkatan selama menjalani pelatihan di Danau Sunter. Meski demikian, pihaknya tetap tidak ingin muluk-muluk dalam urusan target.

“Kami melihat ada peningkatan semangat dan motivasi tinggi yang ditunjukkan Rossi pascagagal mempertahankan medali emas di SEA Games Malaysia 2017,” kata Rusdi yang tidak lain ayah kandung Rossi, Rabu (21/2) sore.

Menurutnya, Rossi melahap semua materi latihan yang diberikan. “Tidak aneh bagi kami kalau kualitas dan skill terus terus meningkat pesat. Namun, kami tidak ingin sesumbar karena khawatir menjadi beban Rossi nantinya,”

Rusdi menambahkan, fokus latihan Rossi saat ini telah memasuki masa pematangan yang mana lebih banyak mengolah taktik dan strategi. “Kalau skill dan fisik sudah dimatangkan, sekarang lebih ke taktik dan strategi. Skill dan teknik yang bagus saja tidak bisa menjamin medali emas, harus diimbangi dengan strategi juga,” imbuhnya.

Tidak hanya berlatih di Danau Sunter, lanjutnya, Rossi rencananya juga akan menjalani persiapan khusus di luar negeri. Diyakini, kualitas Rossi bisa meningkat selama di luar negeri nanti lantaran hampir setiap bulan selalu ada kejuaraan yang akan diikuti. “Kami belum menentukan negara mana yang menjadi tempat Rossi berlatih nanti. Yang jelas untuk mematangkan persiapan, Rossi akan berlatih di luar negeri. Bisa saja di Orlando, Amerika Serikat, Malaysia, atau Singapura. Tergantung situasi dan kondisi nanti,” tutur Rusdi.

Manajer Ski Air Banten Rosita menyatakan, memasuki persiapan akhir nanti, pihaknya berencana akan menjalani pelatihan di Thailand, tepatnya di venue yang akan digunakan untuk bertanding.

“Tujuan utama kami adalah untuk pematangan sekaligus perkenalan venue. Tapi, kami masih menunggu informasi dari PB (pengurus pusat) apakah venue di Thailand bisa digunakan untuk berlatih. Kami menilai pengenalan venue akan berdampak positif terhadap penampilan Rossi nanti,” ucapnya singkat. (Andre AP/RBG)