Atlet terbang layang Banten pada Kejuaraan Terbang Layang KASAU Cup 2017 di Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/4) sore.

SERANG – Atlet paralayang Banten Adam Bilawa sukses merengkuh medali emas pada Kejuaraan Terbang Layang KASAU Cup 2017. Medali emas diraih Adam pada kelas precision landing dual seater (ketepatan mendarat) pada perlombaan yang dilangsungkan di Lintasan Udara (Lanud) Suryadarma, Kalijati, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/4) sore.

Adam masih berpeluang menambah koleksi medali emasnya lantaran kembali akan turun pada babak final kelas duration flight dual seater (terbang lama) pada Rabu (5/4). Tidak hanya Adam, atlet terbang layang putri Banten, Atin Komala Sari juga memiliki kans untuk mempersembahkan medali lantaran juga sukses melaju ke babak final kelas duration flight single seater.

Manajer Tim Terbang Layang Banten Santi Rosanti mengatakan, medali emas yang diraih Adam merupakan sebuah kejutan lantaran sesungguhnya Adam ditargetkan pada kelas duration flight dual seater. “Kelas andalan Adam besok (hari ini-red). Adam kan mendapat emas di PON Riau 2012 dari kelas duration flight dual seater. Sebuah kejutanlah bagi kami karena Adam sudah bisa mengamankan satu emas untuk Banten,” kata Santi kepada Radar Banten, Selasa (4/4) sore.

Santi menambahkan, raihan sementara Adam tersebut sekaligus menebus kegagalannya pada PON XIX Jawa Barat 2016. “Memang momennya beda, tapi paling tidak kualitas Adam masih bisa kita andalkan. Hasil ini sangat berharga bagi kami, terutama Adam untuk mengembalikan kepercayaan dirinya pasagagal di PON XIX,” imbuhnya.

Mengintip peluang Adam dan Atin untuk meraih medali pada babak final kelas duration flight, ia mengaku terbuka lebar. Bukan hanya kualitas Adam dan Atin yang terus menunjukkan grafik peningkatan, tetapi penguasaan venue kedua atlet Banten tersebut juga semakin matang. “Anak-anak kita kan memang latihan rutin di Lanud Suryadarma. Jadi, secara penguasaan venue sudah matanglah. Mudah-mudahan saja tidak ada kendala besok (hari ini-red) dan Banten bisa menambah koleksi medalinya,” tutur Santi.

Pelatih Terbang Layang Banten Yudi Hadiansyah menyatakan, dari segi performa atlet pihaknya optimistis tim Banten mampu menambah koleksi medali. “Atin semakin matang dan Adam sudah menemukan lagi puncak performanya. Mudah-mudahan penampilan atlet tetap stabil hingga final besok (hari ini-red) dilangsungkan. Mampu tampil seperti saat ini, saya yakin ada tambahan medali emas yang mampu kita bawa pulang,” ucapnya. (Andre AP/Radar Banten)