Awab Klaim Didukung Gerindra-PAN

CILEGON – Bakal calon walikota Cilegon Awab mengklaim telah mengantongi dukungan dari Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN). Bahkan, Awab juga mengaku siap melakukan deklarasi bersama bakal calon wakil walikota Iye Iman Rohiman.

Saat ditemui di Rumah Makan Bintang Laguna, Senin (27/1), Awab menegaskan bahwa arah koalisi partai politik yang akan mengusung dirinya bersama Iye Iman Rohiman sudah semakin menguat. “Insya Allah (koalisi Gerindra-PAN), harapan mah bila perlu ke kita semua partai bersama-sama,” ujar Awab.

Dalam kesempatan itu, Awab pun tak menampik bila dirinya sudah ditunjuk menjadi ketua DPC Partai Gerindra Kota Cilegon. Namun saat ditanya mengenai SK, Awab enggan menunjukkannya. Ia hanya menunjukkan kartu anggota Partai Gerindra.

“Kalau kartu anggota ada nih. SK juga ada, tapi nanti saja,” ungkap mantan Kasat Intel Polres Cilegon itu.

Menurut Awab, koalisi Gerindra dan PAN sudah hampir dipastikan. Dalam koalisi tersebut, Awab mengaku sebagai representasi dari kader Gerindra. Sedangkan Iye Iman Rohiman sebagai kader PAN.

“Pak Iye sekarang sudah menjadi anggota PAN,” katanya.

Selain Gerindra dan PAN, Awab mengatakan bahwa partai lain pun tengah ia jajaki untuk bergabung dalam koalisi. Bahkan, Partai Demokrat dan NasDem diklaimnya sudah lebih intensif komunikasinya.

Insya Allah. Kita berusaha dan haqul yakin kepada Allah, kalau enggak berkeyakinan kita ngambang,” ujar Awab.

Dihubungi terpisah, Sekretaris DPD PAN Kota Cilegon Hasbudin juga mengakui koalisi Gerindra dan PAN sudah semakin dekat. Ia pun tak memungkiri bahwa Awab diusung Gerindra dan Iye merupakan perwakilan kader PAN.

“Dari PAN itu sebenarnya ada dua nama yang muncul, yaitu Pak Iye dan Pak Alawi Mahmud (Ketua DPD PAN Cilegon). Kita tunggu saja resminya nanti,” kata dia.

Sedangkan Alawi Mahmud enggan membeberkan hasil rekomendasi partainya. Menurutnya, sejauh ini PAN belum mengeluarkan keputusan resmi siapa yang akan diusung sebagai bakal calon walikota atau bakal calon wakil walikota.

“Baru besok (hari ini) akan diusulkan ke DPP, yang kemarin ikut penjaringan masih berpeluang,” ujar Alawi.

Soal status Iye sebagai anggota Partai PAN, Alawi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, bergabungnya Iye di PAN tidak hanya demi kepentingan Pilkada Kota Cilegon. Iye telah banyak berkontribusi untuk PAN pada pemilu serentak tahun lalu.

Di bagian lain, Sekretaris DPD Gerindra Provinsi Banten Andra Soni mengatakan, partainya belum mengeluarkan keputusan secara resmi terkait sosok yang akan diusung pada Pilkada Cilegon nanti.

“Proses internal masih berlangsung untuk mengkaji siapa sosok yang dinilai tepat untuk mendapatkan dukungan dari Gerindra. Kalau sudah ada keputusan nanti diumumkan,” ujar Andra.

Namun, pria yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Banten itu tak menampik jika Awab telah resmi menjadi anggota Partai Gerindra. (ibm-bam/ira)