Awal Tahun, Harga Properti Mulai Naik

Hunian
Salah satu hunian di Serang. Pada awal tahun ini, sejumlah pengembang mulai menaikkan harga. (Foto: Susi K)

SERANG – Pada awal tahun 2016 ini, sejumlah pengembang properti mulai menaikkan harga hunian. Kenaikan harga hunian bervariasi. Salah satu pengembang yang menaikkan harga yakni CitraGarden BMW.

Marketing Manager CitraGarden BMW Andre Utama mengatakan, setiap tahun pasti ada kenaikan harga, tapi tidak pernah dipublikasi kepada konsumen. Biasanya dalam setahun ada tiga kali kenaikan harga. “Pada Januari ini sudah ada kenaikan. Kenaikan berkisar dari 3 – 7 persen. Kalau diakumulasi dalam setahun bisa 10 persen kenaikannya,” katanya, seperti dilansir Harian Radar Banten.

Kata dia, biasanya kenaikan harga rumah dilihat dari harga tanah dan material. Sementara dari margin untuk developer tidak ada kenaikan. “Sejauh ini, kenaikan karena dua faktor itu yakni harga tanah dan material,” katanya.

Selain perumahan komersil, perumahan bersubsidi seperti Kepuren Residence dan Puri Anggrek juga menaikkan harga hunian. Kenaikan ini hanya untuk tipe 24/60 dan jumlah kenaikan sekitar Rp10 juta. “Dari harga Rp105 juta menjadi Rp115 juta,” kata Marketing Manager Puri Anggrek dan Kepuren Residence Zainul Badri, Kamis (28/1/2016).

Kata dia, kenaikan ini terjadi sejak pertengahan Januari lalu. Dampak kenaikan ini memang memberikan pengaruh terhadap penjualan unit. “Biasanya awal-awal dampaknya terasa, tapi dua bulan kemudian akan kembali normal karena rumah adalah kebutuhan pokok,” katanya.

Ia berharap, kondisi ekomoni pada tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. “Penjualan properti bisa menggeliat sehingga konsumen yang ingin memiliki rumah bisa terpenuhi,” katanya.

Sementara beberapa developer akan menaikkan harga pada awal tahun ini. Seperti Gedong Kaloran yang berencana akan menaikkan harga unit pada Maret mendatang. Ini diungkapkan Marketing Manager Gedong Kaloran Abdurohman, Kamis (28/1/2016). “Rencana kenaikan ada tapi tidak sekarang,” katanya.

Ia menjelaskan, sekarang beberapa harga material juga mengalami kenaikan seperti besi. Sementara kisaran kenaikan harga juga belum bisa dipastikan. “Kalau dilihat dari harga material sih harusnya sudah naik, biasanya kalau naik sekitar 10 persen dari harga,” katanya.

Ia berharap, pertumbuhan ekonomi dan bisnis properti bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. “Semoga peminatnya banyak” harapnya.

Sementara Cendana Residence yang sekarang sedang dipasarkan di Penancangan, Kota Serang juga akan menaikkan harga properti pada Maret mendatang. (RB/skn/ags)