Awarding LKBA 2020 Terapkan Prokes Ketat

0
2680
Dua warga berfoto di taman hasil kreasi warga RW 04, Kampung Daragem, Desa Baros, Kecamatan Baros, Senin (21/12).

SERANG – Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 sudah selesai, saatnya kini penyerahan penghargaan atau awarding LKBA 2020  yang akan berlangsung di Lapangan Futsal Radar Banten Arena, Rabu (23/12). Para tamu undangan dibatasi hanya 60 orang dan diberlakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Panitia persiapan Awarding LKBA 2020 saat ini sudah melakukan persiapan maksimal, mulai dari tempat duduk yang berjarak, menyediakan tempat mencuci tangan, serta menyiapkan alat mengecek suhu tubuh sebelum tamu masuk ke gedung futsal.

Awarding akan dihadir Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah, Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi, Sekda Kabupaten Serang Tb Entus Mahmud Sahiri, Kapolda Banten Irjen Pol. Rudy Heriyanto, Danrem 064 Maulana Yusuf Serang Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, para camat se-Kabupaten Serang, dan para kepala desa dan RW yang mendapatkan nominasi juara.

Salah satu perwakilan tim juri LKBA dari Radar Banten M Widodo mengatakan, Awarding LKBA tahun ini berbeda dengan awarding tahun lalu. Tidak semua kepala desa atau Ketua RW diberi undangan untuk datang ke acara, hanya RW atau kades yang masuk nominasi juara saja, selebihnya bisa menonton tayangan live-nya di Banten TV.

“Awarding tahun ini menerapkan protokol keshatan yang ketat, tamu undangan juga dibatasi,” kata Widodo, Senin (21/12).

Untuk kategori juara, kata Widodo, terbagi menjadi dua kategori yakni kategori kampung pemula dan kampung berkembang. Ada lima nominasi juara untuk kategori kampung pemula yakni kategori partisipasi masyarakat terbaik, kategori kampung berbunga, kampung terinovatif, pengeleolaan lingkungan terbaik, dan partisipasi pemuda terbaik.

Sedangkan untuk kategori kampung berkembang ada enam kategori juara yakni kategori partisipasi masyarakat terbaik, kategori kampung berbunga, kampung terinovatif, pengeleolaan lingkungan terbaik, partisipasi pemuda terbaik dan kategori pengelolaan sampah terbaik. “Masing-masing kategori ada yang satu sampai lima juara, ada juga yang satu sampai enam juara,” terangnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang Risma F Siregar menambahkan, setelah penilaian yang dilakukan tim juri, ada banyak perubahan yang terjadi pada pengelolaan lingkungan. “Penataan lingkungan warga tahun ini jauh lebih baik dari tahun kemarin,” ungkapnya.

Risma mengaku, warga berusaha tampil maksimal, kampung yang tahun lalu sudah berbunga, tahun ini kondisinya jauh lebih bagus, bunganya semakin banyak. Ia mengimbau agar warga terus merawat lingkungannya agar hasil penataan tidak rusak. “Harus terus dirawat dan bersiap lagi untuk LKBA tahun depan,” pungkasnya. (mg06/alt)