Awarding LRLA 2020, Ajang Pembuktian

0
473 views
Panitia melakukan persiapan Awarding LKRA di gedung futsal Graha Pena Radar Banten, tadi malam.

SERANG – Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 memasuki tahap awarding pengumuman pemenang. Awarding  sebagai ajang pembuktian 402 RT dari 67 kelurahan yang mengikuti salah satu program unggulan Pemkot Serang.

Acara yang digagas Pemkot Serang bersama Radar Banten, Polres Serang Kota, dan Kodim 0602 Serang itu dimulai pada Februari 2020 yaitu workshop dan sosialisasi. Selanjutnya di-launching pada 9 Maret 2020 sampai dengan penilaian akhir September 2020. Tiap RT menyajikan tampilan terbaik untuk memenuhi kriteria penilaian tim juri.

Ada delapan penghargaan yang diberikan kepada pemenang lomba. Yakni, juara umum, kategori partisipasi masyarakat terbaik, pemuda penggerak lingkungan, pemuda sadar hukum, kampung terinovatif dan aman, kampung berbunga dan aman, kampung hijau dan aman. Selain itu, panitia juga menyerahkan bendera hitam bagi kelurahan yang tidak masuk nomine.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Toyalis mengatakan, pihaknya bersama dengan Radar Banten telah menyiapkan awarding tinggal proses pelaksanaan. “Besok (hari ini-red) menjadi ajang pembuktian atau tolok ukur. Berapa RT yang berhasil dan sukses menjalankan LRLA,” ujarnya kepada Radar Banten, Senin (26/10).

Kata Toyalis, tantangan utama dalam pelaksanaan LRLA di tahun perdana yakni pandemi Covid-19. Namun, dalam implementasinya masih banyak RT, RW yang aktif menata lingkungan sesuai  kategori penilaian. “Ada beberapa kelurahan, kekurangan sosialisasi, terhambat karena Covid-19 terkesan tidak ikut lomba. Tapi ada yang yang sudah bagus dan sampai sukses pelaksanaannya. Itu sudah maksimal,” katanya.

Menurut Toyalis, secara umum LRLA bagaimana mengubah kampung kumuh menjadi berbunga, hijau, penuh dengan inovasi. Termasuk dengan menciptakan suasana kampung aman dari narkoba, kekerasan dalam rumah tangga, hingga kerusuhan. “Yang sudah bagus saya ucapkan terima kasih, Pak Lurah, RT, RW bekerja keras. Kalau bisa dipertahankan dan bisa dirawat agar kampungnya berbunga, bersih, aman,” katanya.

Ketua Pelaksana Awarding LRLA 2020 Kota Serang Nizar Solihin mengatakan, pelaksanaan Awarding menerapkan protokol kesehatan (prokes). Panitia  menyediakan tempat cuci pakai sabun, hand sanitizer, mewajibkan tamu undangan mengenakan masker dan menyediakan tempat duduk berjarak. “Iya, kita terapkan prokes yang ketat,” katanya.

Nizar mengatakan, acara dimulai dengan sambutan, pemutaran video atau perjalanan lomba, sampai pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah. “Juara umum yang akan diserahkan langsung oleh Pak Walikota. Yang menarik ada juga penyerahan bendera hitam kepada kelurahan yang sama sekali tidak masuk nomine,” katanya.

Kata Nizar, tamu undangan yang hadir antara lain Walikota Serang, Wakil Walikota Serang, Kapolres Serang Kota, Dandim 0602 Serang, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, lurah, tokoh masyarakat dan juri LRLA. (fdr/alt)