Awas, Jangan Sampai Keracunan Sinar Matahari

Breath
Ilustrasi/epicself.com

KERACUNAN matahari atau fotodermatitis adalah rasa gatal, bersisik, kulit kemerahan yang melepuh ketika terpapar sinar matahari dan sinar ultraviolet A (UVA) atau B (UVB) yang berlebihan.

Kondisi ini memakan waktu beberapa hari atau lebih lama untuk sembuh. Ini akibat paparan sinar matahari secara intensif dan berulang sehingga mengakibatkan kulit terbakar dan meningkatkan risiko kerusakan kulit.

Kondisi ini termasuk kulit kering atau berkerut, bintik hitam, bintik-bintik kasar dan kanker kulit, seperti melanoma. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang sun poisoning atau keracunan sinar matahari:

1. Mengetahui perbedaan antara sun burn dan sun poisoning

Sun poisoning adalah reaksi alergi dan biasanya menghasilkan benjolan gatal,” kata Dr. Cameron Rokhsar, seperti dilansir laman Today.

Oleh karena itu, menurutnya, penting untuk menyembuhkan penyakit lain yang membuat orang sensitif terhadap sinar matahari, seperti lupus. Menurut Dr. Cybele Fishman, seorang dokter kulit bersertifikat, gejala lain di luar rasa sakit dan gatal bisa berupa demam, menggigil, mual dan pusing.

2. Tentukan pengobatan terbaik untuk Anda

Ada bukti bahwa aspirin dan over-the-counter kortison cream(satu persen) bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit. Tapi jika kulit melepuh dan Anda merasa sakit, lelah maka, Anda harus pergi ke dokter kulit bersertifikat sesegera mungkin.

Obat lain seperti menerapkan kompres dingin dengan air atau susu, dehidrasi dengan air elektrolit dan menggunakan lotionhambar (yaitu tidak ada aroma) pada luka bakar.

3. Cara terbaik melindungi kulit Anda

SPF hanya menggambarkan perlindungan dari sinar UVB. Untuk melindungi dari UVA, cari lotion yang mengatakan spektrum yang luas. Bahkan lebih baik, mencari tabir surya dengan setidaknya enam persen zinc oxide atau titanium dioxide.

Dua krim itu tidak hanya memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB, tetapi juga mengandung mineral, sehingga tidak akan menyebabkan alergi. Dr. Fishman memperingatkan bahwa cara terbaik untuk merawat kulit Anda adalah dengan menghabiskan lebih sedikit waktu di bawah sinar matahari. (fny/jpnn)