Awasi Lokasi Wisata, Dispar Banten Gaet Balawista

0
1.832 views
Pantai Anyar, Kabupaten Serang (foto: istimewa)

SERANG – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten menggaet adan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Provinsi Banten untuk mengawasi lokasi wisata unggulan di Banten.

Kerja sama ini guna meningkatkan keselamatan di sepanjang jalur wisata pantai diantaranya Pantai Anyer, Cinangka, Carita, Tanjung Lesung, Bagedur hingga Sawarna.
Melalui keterangan resmi yang diterima Radar Banten Online, Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Banten Payundra Bayyu Ajie mengatakan, Balawista yang memiliki anggota tersertifikasi dengan kemampuan yang mumpuni dapat memberikan layanan keamanan, keselamatan serta pembinaan tentang kepariwisataan kepada wisatawan sehingga bisa memberikan rasa nyaman dalam menikmati tempat wisata.

“Tahun ini kecelakaan di wisata pantai jumlahnya menurun dengan kunjungan wisatawan yg hampir mencapai 600 ribu orang sepanjang jalur wisata Anyer, Carita, Tanjung Lesung, Bagedur sampai Sawarna. Selain dengan Balawista, Dispar juga berkoordinasi dengan Kepolisian dan OPD terkait dalam penanganan wisatawan di Banten,” ujarnya, Minggu (9/7).

Ia menjelaskan, selain dari sisi keamanan dalam penyelamatan Balawista juga mendidik wisatawan untuk sadar wisata dengan cara menjaga kebersihan dan sara prasarana yang berada di tempat wisata mengingat hal tersebut harus terus dilakukan karena masih minimnya kesadaran wisatawan dalam mnjaga kebersihan di area wisata. Menurut Payundra Bayyu Ajie menjaga keselamatan, keamanan dan tempat wisata merupakan bentuk kerjasama yang dapat berdampak positif bagi keberlangsungan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati menyampaikan, bahwa kunci pengembangan destinasi terletak pada 3A (Atraksi, Aksesbilitas, dan Amenitas). “Hal tersebut akan menjadi perhatian pemerintah untuk terus menjaga dan memperbaiki fasilitas atau sarana dan prasarana destinasi wisata yang ada,” jelasnya.

Selain itu, menurut Eneng, destinasi pariwisata yang baik juga harus memiliki beberapa unsur seperti keamanan dan kesadaran di tempat wisata. Keterbatasan sarana dan prasana tidak boleh menyurutkan pelayanan terbaik kepada para wisatawan.

“Belajar dari pengalaman tahun ini dimana destinasi pantai menjadi tujuan wisata massa/keluarga, Dispar akan mendorong kegiatan siaga wisata yang dapat menciptakan destinasi wisata yang aman dan nyaman bagi wisatawan dengan dukungan Balawista dan lembaga lainnya” ujarnya.

Ia mengatakan, sangat mengapresiasi kinerja Balawista yang bekerja keras dalam memberikan layanan wisata selama liburan ini. “Semoga kami dapat pula memfasilitasi peningkatan kuantitas dan kualitas SDM Balawista serta kebutuhan sarana dan prasarananya” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Balawista Banten Ade Ervin menjelaskan, pihaknya mengawasi keselamatan para wisatawan di 40 objek wisata pantai yang terintegrasi dengan 9 posko yang tersebar 2 posko di daerah Anyer, 5 posko daerah Carita, 1 posko daerah Bagedur dan 1 Posko di daerah Pantai Sawarna.

“Kita harap bisa memberi kenyamanan dan rasa aman bagi para wisatawan yang hendak berkunjung menghabiskan liburannya ke objek wisata yang ada di Banten. Plank himbauan dan petunjuk keselamatan untuk pengunjung kita sediakan,” katanya.

Dikatakan Ade, pihaknya mengapresiasi terhadap Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pariwisata yang sudah membantu secara regulasi melalui imbauan kepada para pengelola objek wisata di Banten terkait sadar wisata kepada pengunjung dan masyarakat dalam menjaga keselamatan pribadi sekaligus menjaga lingkungan wisata yang bersih.

“Wujud dari sinegritas dengan pmerintah dalam menciptakan destinasi wisata yang aman dan nyaman bisa dilakukan secara bersama dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan, sektor pariwisata saat ini menjadi salah satu prioritas pemerintah sehingga potensi yang dimiliki daerah harus terus dikembangkan.

“Saya berharap Dinas Pariwisata dapat merancang rencana penataan dan pengembangan destinasi wisata yg ada d Banten bersama-sama Dispar kab/ kota serta di dukung oleh pembangunan infrastruktur yang mendukung pariwisata dari OPD terkait” ujarnya.

Diketahui, acara lanjutan dari kegiatan siaga wisata yang dicanangkan dari 24 juni lalu adalah u memberikan apresiasi bagi para pelaku pariwisata yang telah bersama-sama menjaga lingkungan wisata pantai di Banten seperti menerapkan unsur sapta pesona disetiap destinasi wisata dengan aksi wisata. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)